Bisnis Online yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Waralaba Kan - Bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah.

Bisnis online memang cocok jika dikombinasikan dengan bisnis offline yang kita miliki. Misalnya kita punya toko yang menjual furniture, dengan menjual furniture kita itu secara online, maka pasar produk kita akan semakin luas karena bisnis Anda bisa dijangkau oleh banyak orang melalui internet. Namun, bila kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap bisa membangun sebuah bisnis secara online.

Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dan dengan modal yang relarif kecil:


1. Bisnis 
Afiliasi (Affiliate Marketing)

gambar bisnis Affiliate Marketing

Ilustrasi dari wonderslist.com

Model bisnis ini banyak dijalankan oleh internet marketer baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Untuk menjalankan bisnis afiliasi marketing, kita tidak harus memiliki produk, tapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet, baik itu melalui sosial media, blog, email marketing, dan lain-lain.


Kita akan mendapat komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual. Produk yang dijual pun bermacam, ada produk berbentuk fisik, berbentuk digital, dan juga berbentuk membership.


Dalam bisnis afiliasi ini, kita tidak perlu repot mengurus hal-hal yang berhubungan dengan produksi produk, pengemasan produk, dan pengiriman produk. Kita hanya perlu mempromosikan link khusus yang didapatkan dari vendor (pemilik produk). Jika link tersebut di-klik oleh seseorang dan orang tersebut melakukan pembelian dari link affiliate milik kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Untuk program afiliasi lokal yang saya rekomendasikan adalah;

A. Produk Fisik

a. Lazada.com
b. 
Bhineka.com
c. 
Blibli.com

B. Produk Digital

a. Ratakan Marketplace

 

 

2. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)

gambar bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah

(Ilustrasi dari Google Image)

Memiliki sebuah online store atau toko online saat ini sudah sangat mudah. Bisnis online shop bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline atau toko fisik dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Namun bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki atau menyimpan produk, yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.


Untuk memulai bisnis online shop tentunya Anda harus punya toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat toko online, untuk tutorialnya bisa kita dapatkan di internet. Selanjutnya adalah mencari produsen produk atau mitra kerjasama yang memberikan layanan reseller atau dropship. Setelah diterima menjadi mitra, kita bisa mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tersebut.

Ada beberapa produsen yang saya rekomendasikan untuk diajak kerjasama;

a. Cetroocoffee
b. Kakakoa.com
c. Cafeos.com

 

 

3. Bisnis Online Dengan Membangun Blog/Website Portal

ilustrasi bisnis blog portal berita

(Ilustrasi dari Google Image)

Membangun blog/website bisa menjadi salah satu model bisnis yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Semakin meningkatnya pengguna internet dan smartphone bisa dijadikan indikator bahwa kebutuhan media informasi seperti blog/website ke depannya akan semakin ramai, tentunya sesuai dengan niche blog/website yang dibangun. Inilah yang bisa kita jadikan peluang bisnis dengan modal kecil.


Coba kita perhatikan halaman website yang linknya sering bertebaran di Facebook dan Google (misalnya Merdeka.com, Alodokter.com, Kompas.com Viralnova.com, Cerpen.co.id, dan lain-lain) di dalam halaman website itu kita bisa melihat adanya iklan Google Adsense. Kebanyakan blog dan website portal ini me-
monetize websitenya dengan program PPC (pay per click), khususnya Google Adsense.


Program PPC ini sangat cocok untuk web atau blog dengan trafik pengunjung yang tinggi. Salah satu model bisnis jaringan iklan adalah dengan mengikuti program PPC (pay per click) seperti Google Adsense, Kliksaya, Bidvertiser, Kumpulbloger, dan lain-lain.


Selain iklan PPC, model bisnis iklan yang lain adalah iklan mandiri, yaitu dengan menawarkan space iklan di blog Anda dengan harga yang anda tentukan.


Penghasilan dari blog/ website yang memasang iklan PPC maupun iklan mandiri tidak bisa dianggap remeh lho. Banyak sekali blogger dan pemilik website yang mendulang uang dari iklan di blognya, mulai dari jutaan, puluhan juta, ratusan juta, hingga miliaran rupiah.


Salah satu blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blognya adalah 
Linda Ikeji. Blogger asal Nigeria ini diperkirakan mendapatkan milliaran rupiah per bulan dari blognya.

 

 

4. Menjual Jasa Web Developer

gambar bisnis jasa web developer

(Ilustrasi dari midphase.com)

Ada banyak jasa yang bisa dijual secara online. Salah satunya adalah jasa membuat website/ blog profesional atau yang sering disebut dengan web developer. Peluang usaha yang satu ini menurut saya sangat potensial karena tidak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk bisnis mereka.


Tentunya untuk menjadi seorang web developer dibutuhkan skill yang mumpuni agar mampu menciptakan sebuah blog/website yang profesional. Sebenarnya untuk membuat website tidak terlalu sulit, kita bisa menggunakan platform WordPress dengan tema yang sesuai dengan niche website. Namun, bila Anda ingin menjadi web developer yang sebenarnya, maka Anda perlu belajar dasar-dasar pembuatan website yang baik. Tempat belajar membuat website yang saya rekomendasikan adalah
BabaStudio.

 

 

5. Bisnis MLM Online

Ini adalah bisnis Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak seperti bisnis MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang, semua proses itu bisa dilakukan secara online. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis MLM punya sistem yang baik, pastikan bisnis MLM online yang Anda ikuti punya produk dan sistem yang bagus dan menguntungkan.


Sebenarnya masih ada banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa kita kerjakan dari rumah tapi sayangnya saya tidak bisa menuliskan semuanya di artikel singkat ini. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa walaupun bisnis atau usaha yang dijalankan hanya dengan modal kecil bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil juga.


Buktinya adalah usaha kenalan saya itu, dia tidak punya produk sendiri, dengan modal yang kecil dia menjalankan bisnis dropship, tapi penghasilan yang di dapatkan luar biasa, bahkan lebih besar dari gaji seorang manajer Bank. Visi dan misi, semangat dan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus tentu akan memberikan hasil yang maksimal, bahkan bisa saja melebihi harapan kita. Semoga artikel ini menginspirasi Anda.


maxmanroe.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com