Peluang Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Waralaba Kan - Peluang Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah. 

Saat ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan di Indonesia. Tak hanya pengusaha berskala besar namun juga pengusaha kecil dan menengah, yang bahkan usaha kecil menengah (UKM) saat ini mengalami peningkatan yang cukup besar pertumbuhannya. Semakin bermunculannya peluang bisnis dengan modal kecil membuat orang mencoba membangun usahanya sendiri. Cukup banyak pengusaha kecil menengah yang tidak hanya membuka toko fisiknya saja, tetapi toko virtual di internet yang dapat menjangkau pasar lebih luas lagi.

Beberapa calon pengusaha sering mengalami kendala ketika ingin memulai sebuah bisnis, meskipun peluang usaha sudah ada di depan mata. Umumnya kendala yang sering kita dengar adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka. Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa akan lebih baik meminjam uang dari bank atau mencari investor, namun terkadang perkara tersebut bukanlah perkara mudah. Beberapa bank dan investor bisnis pasti akan menanyakan pengalaman bisnis kita sebelumnya dan juga informasi-informasi lainnya sebagai pertimbangan mereka, jika mereka tidak mendapat informasi yang dapat mendukung pemohon, maka permohonan pinjaman kita tidak bisa mereka proses.

Bagaimanakah kita bisa memulai sebuah bisnis yang dapat dikerjakan walau dengan modal yang minim?

Kalau kita bicara bisnis modal yang relatif kecil berarti kita memang harus tetap punya modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut. Kita tetap saja harus mengeluarkan uang sebagai modal, selain itu kita juga harus punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan, modal kemauan & usaha yang keras. Kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan dijalankan, misalnya memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha agar bisa mengurangi biaya sewa tempat, memanfaatkan anggota keluarga dalam menjalankan bisnis untuk mengurangi biaya gaji karyawan, dan lain-lain.

Ada beberapa peluang bisnis modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah jika kita tilik lagi. Kita dapat melakukan semua proses menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat. Walaupun begitu kita tetap harus mempertimbangkan market yang ada di sekitar kita, misalnya memikirkan apakah akan ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana? Dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan:

ilustrasi jasa menjahit(Ilustrasi jasa menjahit dari Google Image)

1. Membuka Jasa Menjahit
Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu yang sesuai dengan bentuk tubuh atua keinginan mereka. Nah, mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang bisa mampu memenuhi kebutuhan mereka. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada dunia fashion, akan lebih baik jika Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.

Selain untuk membuat pakaian baru, jasa menjahit sering juga dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang terlalu besar, atau sekedar memasang atribut tertentu di pakaian mereka. Seperti kita ketahui, banyak sekali orang membeli pakaian (baju/ celana) yang modelnya sedang hits, namun saat akan dibeli ternyata ukurannya terlalu besar. Nah, untuk mengecilkan pakaian tersebut, si customer tentu akan mencari jasa penjahit yang bisa mengecilkan pakaian tersebut.


 

gambar bisnis kuliner makanan tradisional Indonesia

(Ilustrasi makanan tradisional Indonesia dari Nagaswarafm.com)

2. Bisnis Kuliner
Jika Anda memiliki resep makanan yang unik atau bisa membuat cemilan yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan bisnis ini. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang akrab dengan dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

Beberapa orang berpendapat bahwa bisnis kuliner adalah salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran. Mengapa? Karena kuliner atau makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Walaupun saat ini telah banyak kita temukan berbagai jenis usaha kuliner, tetap saja akan muncul jenis bisnis kuliner lain dengan tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil lho. Bila Anda tidak punya keahlian dalam dunia kuliner namun sangat ingin memiliki sebuah bisnis makanan/minuman, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli lisensi waralaba makanan/minuman dengan modal yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda, misalnya waralaba makanan camilan. Salah satu bisnis franchise minuman yang bisa Anda pertimbangkan adalah waralaba Cetroo Coffee.


3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

gambar bisnis pulsa elektrik
(Ilustrasi bisnis pulsa elektrik dari Google Image)

Memulai bisnis jual pulsa saat ini sebenarnya cukup mudah dan murah, hanya dengan modal awal Rp 100.000 – Rp 300.000 kita sudah bisa mulai untuk menjalankan bisnis ini, bisnis ini bisa dikerjakan di mana saja dan oleh siapa saja. Jika Anda adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network/jaringan/organisasi/perkumpulan, manfaatkanlah hal itu sebagai ladang konsumen Anda. 

Untuk memulai, Anda perlu mendaftarkan diri sebagai agen pulsa elektrik di beberapa Distributor pulsa elektrik, misal seperti: Pulsa-Online.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com, Centerpulsa.com, dan lain-lain. Namun, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik butuh keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena saat ini persaingan jual pulsa elektrik sudah cukup ketat. 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar berhasil menjalankan bisnis ini.

a. Mendaftarlah menjadi agen pulsa pada distributor pulsa terpercaya
b. Jangan mengambil untung terlalu besar
c. Jangan berikan kesempatan orang untuk nge-bon pulsa
d. Promosi dengan memperhatikan etika, baik itu melalui media sosial ataupun media lain
e. Pertahankan memberikan pelayanan yang baik pada semua pelanggan


4. Bisnis Membuka Les Private/ Kursus

gambar membuka bisnis les private
(Ilustrasi kursus private dari Google Image)

Menjual keahlian dengan cara mengajari orang lain apa yang menjadi keahlian kita tersebut, bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jika kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, seperti misalnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, desain, bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain, kita bisa memberikan les private atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi yang ada.

Saat ini, menjalankan bisnis les private atau kursus ini bisa dilakukan secara online via internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk les private/ kursus secara online. Salah satu dari sekian banyak startup tersebut adalah SekolahPintar.com.
Jadi, Sekolahpintar.com menjadi media penghubung antara guru dan siswa yang ingin melakukan aktifitas belajar secara online. Materi pelajarannya biasanya dalam bentuk video yang bisa langsung ditonton oleh para siswa. Selain itu, siswa dan guru pun bisa berinteraksi tanya-jawab jika ada materi yang ingin dibahas lebih detail.

Maka bagi Anda yang memiliki ilmu atau keahlian khusus tentunya ini adalah sebuah peluang bisnis yang sangat bagus, bahkan bisa dijalankan dengan modal yang cukup minim. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, mendaftar menjadi pemateri/ guru di Sekolahpintar.com, dan upload materi pelajaran. Yang pasti kita harus menghubungi pihak Sekolahpintar.com, karena seluruh materi pelajaran yang akan dijual di sana harus atas seijin mereka. Kalau Anda tertarik, bisa mencoba menjadi guru private online di Sekolah Pintar.


5. Membuka Warung atau Toko Sembako

ilustrasi bisnis toko sembako kelontong
(Ilustrasi toko sembako dari Google Image)

Memang bisnis membuka warung/ toko sembako (sembilan bahan pokok) sangat potensial karena pasti akan terus dibutuhkan masyarakat. Namun, bisnis ini sudah cukup banyak yang menjalankannya, maka dari itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang kita miliki.

Kita juga perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan menjalankan model bisnis ini karena tidak semua orang cocok dalam menjalankan usaha warung sembako. Model bisnis ini membutuhkan perhatian serius, ketelitian ketekunan, dan membutuhkan keberadaan pemilik usaha terus-menerus, sehingga mau tidak mau Anda harus turun tangan sendiri agar warung sembako bisa berjalan dengan baik.


6. Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan

ilustrasi bisnis jasa desain edit foto
(Ilustrasi desain dan editing dari Google Image)

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang punya keterampilan dan kreativitas dalam mengolah gambar dan desain. Tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan salah satu software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan software lainnya.

Untuk membuka sebuah usaha di bidang jasa desain, percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang cukup besar. Bahkan Anda bisa mulai berbisnis tanpa modal materiil dengan cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka.com, Sribu.com, Sribulancer.com, Projects.co.id, dan lainnya.

Di Ciptaloka.com misalnya, Anda bisa menjual jasa print kaos dengan desain khusus yang sudah Anda ciptakan. Jadi, orang bisa memesan kaos dengan desain tertentu melalui Anda, lalu setelah customer membayar pesanan, Anda bisa memesan kaos dengan desain Anda tersebut melalui Ciptaloka. Dengan cara seperti ini, tentunya akan sangat membantu mereka yang belum punya modal untuk membangun perusahaan percetakan tapi ingin segera berbisnis.


7. Bisnis Membuka Jasa Laundry


gambar bisnis laundry
(Ilustrasi dari Google Image)

Bisnis laundry akan sangat laris bila berlokasi di dekat kampus, kost-kostan. Kalau kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak dan semakin bermacam-macam layanannya, bahkan ada yang menawarkan untuk menjemput pakaian yang akan di-laundry. Bila Anda merasa bisnis ini cocok dengan Anda maka sebaiknya Anda segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.

Ada beberapa informasi yang harus kita perhatikan bila ingin sukses di bisnis laundry;

  1. Perhatikan target market. Sebelum membuka usaha jasa laundry kita harus tahu dulu siapa target market yang akan sering menggunakan jasa laundry yang ditawarkan. Biasanya orang yang sering menggunakan jasa laundry adalah mahasiswa, pekerja kantoran yang masih bujangan. Tapi tidak menutup kemungkinan pelanggan berasal dari segmen yang berbeda, misalnya ibu rumah tangga.
  2. Modal adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Bukan hanya modal materiil tapi juga pengetahuan tentang bisnis laundry, kemampuan manajemen, dan jaringan bisnis.
  3. Lokasi usaha laundry juga menjadi faktor penentu keberhasilan di bisnis ini. Usahakan membuka bisnis laundry di lokasi yang cukup ramai, misalnya di sekitar perkantoran, perumahan, asrama, atau kost-kostan.
  4. Memilih dan membina karyawan juga tidak bisa disepelekan. Bila Anda akan mempercayakan operasional bisnis laundry kepada karyawan, pastikan bahwa karyawan tersebut telah memiliki pengetahuan yang cukup baik.
  5. Yang terakhir adalah proses pemasaran dan promosi. Selain menggunakan media offline untuk promosi (misalnya banner, brosur, pamflet), pertimbangkan juga untuk melakukan promosi via internet (misalnya promosi di Facebook).

Nah, bagi anda yang tertarik untuk berbisnis secara online, silakan simak artikel bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah berikut.


maxmanroe.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com