15 Ide Usaha Sampingan Bagi Karyawan yang Patut Dicoba

  Waralabakan - Usaha sampingan bagi karyawan selama positif adalah sesuatu yang tidak dilarang oleh perusahaan. Akan tetapi, tak sedikit karyawan yang memilih untuk tidak menjalankan bisnis sampingannya dengan berbagai alasan, salah satunya karena kurangnya modal.

Tapi sebenarnya, Ada juga bisnis yang bisa Anda jalankan sebagai usaha sampingan dengan modal yang terbatas. Berikut 15 ide usaha sampingan dengan modal yang kurang dari Rp 10 juta.

 

1. Jasa Laundry

Di kawasan-kasawan pekerja dan anak kuliahan banyak yang kini ingin serba praktis kalo udah masuk urusan mencuci dan menyetrika pakain. Jadikan saja ini peluang bagi Anda yang ingin memulai jasa laundry.

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Seperti yang telah Admin sebutkan, Sebaiknya cari tempat yang banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil). Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini.

Untuk urusan modal, Anda bisa membuka bisnis ini dengan modal minimal Rp 10 juta. Malahan, menurut Ranap.com, Anda bisa memulainya dengan modal Rp 7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan gaji seorang pegawai (Rp 800 ribu s.d Rp 1 juta per bulan).

 

ilustrasi usaha bisnis sampingan untuk karyawan

 

2. Menjual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjajikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Jika Anda ingin berbisnis pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik dapat diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak merepotkan.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang Anda sediakan berkisar antara Rp 1 juta s.d Rp 3 juta. Badi Anda karyawan, Anda bisa jadikan teman sepekerjaan Anda sebagai konsumen Anda, atau bisa juga tetangga rumah Anda.

 

3. Menjual Makanan untuk Sarapan

Menyediakan makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Tak sedikit karyawan/pekerja/pelajar yang harus berangkat pagi hari sebelum sempat sarapan pagi. Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Atau Anda bisa menawarakan rekan Anda menu makan untuk mereka pesan. Jika Anda sudah beristri, Anda bisa bekerjasama dengan istri Anda.

Modal yang perlu Anda miliki untuk memulai usaha ini sekitar Rp 4 juta per bulan. 80% dari uang tersebut untuk membeli bahan baku, sisanya untuk membeli bahan bakar dan transportasi. Dengan modal sebesar itu, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp 2 juta per bulan.

 

4. Menjual Foto di Internet

Jika Anda hobi fotografi, Anda bisa menghasilkan uang dari foto-foto yang Anda hasilkan. Caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online.

Untuk tahap awal, cobalah dua situs penjualan foto terpuler ini: Istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan ShutterStock.com (komisi 20-30%). Setelah itu, situs-situs lain yang bisa dicoba adalah Fotolia.com dan StockFresh.com. Siapkan juga akun PayPal Anda agar Anda mudah menerima komisi yang diperoleh dari situs-situs tersebut.

Jika belum memiliki kamera, Anda bisa menyewa atau membeli dengan berbagai variasi harga yang sesuai dengan budged Anda.

 

ilustrasi blogging bisnis dari ngeblog

 

5. Membuat Blog

Anda sadari atau tidak, ngeblog sedang ngetren dalam lima tahun terakhir. Oleh karena itu, ngeblog bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan.

Pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog adalah postingan berkualitas. Anda bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan Anda sekarang. Sebagai contoh, jika Anda bekerja sebagai teknisi listrik, Anda bisa membuat blog dengan topik kelistrikan. Strategi ini akan memudahkan Anda dalam pembuatan postingan. Mengapa? Sederhana, karena Anda sudah tahu dan mengalami apa yang hendak ditulis.

Berita bagus lainnya adalah modal yang perlu Anda sediakan untuk memulai ngeblog paling banyak Rp 2 juta setahun. Asumsinya, Anda membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal untuk posting konten Anda, ditambah kuota internet. Bahkan, bisa saja modal yang Anda keluarkan lebih rendah jika Anda menggunakan platform blog gratisan, misalnya Blogspot.com atau Wordpress.com.

 

6. Membuka Toko Online

Seperti halya nge-blog, membuat toko online juga sedang nge-tren di tahun 2016 ini. Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser ke gaya berbelanja online.

Anda bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang banyak dijual para pelaku toko online adalah pakain, kerajinan khas daerah, tas, kaos, dan aksesoris. Sementara itu, barang digital yang populer dijual adalah software, ebook, plugin, theme, musik dan video tutorial.

Modal yang perlu Anda siapkan untuk membuat toko online beragam, modal Anda bisa seperti modal ngeblog di atas jika Anda mampu mendesain sendiri toko online Anda. Tapi jangan khawatir, karena sekarang ini banyak template gratis toko online. Jikalau harus membeli, banyak juga template yang harganya di bawah Rp 800 ribu.

Hal menarik lain adalah Anda tidak harus repot mengirim produk Anda, jika Anda menggunakan sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli Anda. Salah satu dropshipper lokal yang bisa Anda coba adalah Supplier.id.

 

7. Jasa Cuci Motor

Di lingkungan Anda banyak pemilik motor? Mengapa tidak Anda coba saja membuat jasa cuci motor. Usaha sampingan ini relatif mudah dibandingkan jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan dan perlengkapan pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kain lap, kompresor, shampoo motor, dan komponen pendukung lain seperti semir ban motor.

Dari sisi modal, Anda dapat menyiapkan modal minimal Rp 4 juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana. Jika ingin lebih profesional, Anda bisa membuka jasa cuci motor dengan modal yang lebih besar (Rp 10 juta). Alokasinya adalah Rp 2 juta untuk sewa tempat, Rp 5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp 3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional.

 

ilustrasi bisnis cafe eropa

 

8. Membuat Warkop Sederhana

Ide bisnis sampingan lain yang bisa Anda coba adalah membuat warung kopi (warkop) sederhana. Usaha ini sangat cocok bila lokasi rumah Anda atau tempat yang Anda sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, bisnis warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat. Sebagai contoh, modal segelas kopi adalah Rp 2.000 dan Anda dapat menjualnya seharga Rp 4.000. Selain kopi, Anda juga bisa menjual makanan dan minuman lain seperti teh manis, jus, gorengan, dan mie instan rebus/goreng.

Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha warkop sederhana ini? Anda bisa memulainya dengan modal Rp 10 juta. Uang tersebut sebagian besar dialokasikan untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, kursi, sendok, meja, dan lain-lain, termasuk menyewa tempat. Jika Anda menggunakan rumah sendiri sebagai tempat usaha ini, ongkos usaha pun dapat ditekan.

 

9. Jasa Desain Grafis

Jika Anda punya keterampilan dalam hal membuat desain grafis, Anda bisa membuat keterampilan Anda tersebut menghasilkan pendapatan tambahan, asal Anda mau dan bersedia. Sebagai contoh, Anda bisa membuat jasa desain kartu nama, baju, logo, maskot, poster, booth dan interior.

Jika di lingkungan tempat kerja Anda belum atau tidak ada konsumennya, Anda bisa memanfaatkan pasar desainer online yang ada di Indonesia seperti Sribu.com dan Projects.co.id. Atau Anda bisa mencoba pasar online desainer internasional seperti Elance.com, 99designs.com, dan Upwork.com.

Perihal modal, jika Anda menggunakan pasar desain online, Anda cukup punya uang untuk membayar kuota internet sepanjang Anda menggunakan perangkat atau software desain yang Anda miliki.

 

10. Jasa Les Privat

Anda memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik atau yang lainnya? Jika ya, keterampilan tersebut bisa Anda jadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat. Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga mengasah keterampilan Anda sehingga Anda tidak melupakannya.

Sebagai contoh, Anda yang pintar bermain gitar atau piano bisa membuka les privat gitar atau piano di rumah Anda.Anda yang mahir berbahasa Inggris bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda.

Biaya les privat yang harus dibebankan terhadap peserta bergantung pada kondisi ekonomi di tempat Anda. Jika kondisi ekonomi masyarakat kurang, tetapkan harga kursus setengahnya dari harga di kota besar. Jika sebaliknya, tetapkan harga yang sama dengan harga les privat serupa di kota besar. Harga tersebut bisa Anda peroleh dengan mencarinya di internet atau bertanya kepada teman Anda yang berdomisili di kota besar.

Jika Anda ingin membuat les privat yang sederhana namun cukup nyaman bagi peserta, Anda cukup mengeluarkan biaya di bawah Rp 2 juta dengan asumsi Anda tidak menyewa tempat kursus. Modal ini untuk membeli meja, kursi, papan tulis, penghapus, spidol, dan air mineral.

 

11. Menjual Pakaian Murah

Sering mendengar diskon atau obral pakaian murah meriah? Kira-kira berapa modal yang harus Anda miliki untuk memulai usaha ini?

Untuk tahap awal, Anda butuh modal minimal Rp 10 juta untuk membeli sejumlah pakaian murah dari sejumlah grosir. Sebagai contoh grosir-grosir domestik yaitu Dewagrosir.com menawarkan bermacam-macam pakaian murah, antara lain daster seharga Rp 18 ribu, busana muslim Rp 25 ribu, mukena Bali Rp 57 ribu.

Untuk membandingkan harga-harga tersebut dan mencari tahu harga pakaian lain seperti baju tidur, baju anak, dan kaos distro, silakan Anda kunjungi situs-situs grosir pakaian berikut:

deltagrosir.com

www.bursatanahabang.com

www.tanahabangpgmta.com

 

ilustrasi gambar menjahit

 

12. Jasa Menjahit Pakaian

Anda mempunyai keterampilan menjahit pakaian? Mengapa keterampilannya tersebut tidak Anda wadahi dengan membuat jasa menjahit pakaian. Usaha ini juga relatif tidak perlu ruangan khusus. Anda bisa memanfaatkan ruang keluarga untuk memulainya.

Dari sisi modal, Anda bisa memulainya dengan uang sebesar Rp 2 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli mesin obras, mesin jahit, dan sejumlah perlengkapan lain.

 

13. Jasa Penerjemahan

Jika Anda seorang karyawan yang mahir suatu bahasa, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa penerjemahan. Selain untuk menambah konten CV Anda, pekerjaan sampingan ini juga dapat menambah pundi-pundi pendapatan Anda. Usaha sampingan ini relatif tidak merepotkan karena Anda bisa lakukan sebelum atau sesudah kerja, di waktu senggang, atau ketika libur.

Jasa penerjemahan bisa dibilang tanpa modal jika Anda sudah memiliki laptop, mesin cetak, dan tiap bulannya rutin internetan.

Anda bisa membuka jasa penerjemahan ini di lingkungan tempat tinggal Anda atau bergabung di pasar online untuk jasa penerjemahan/translator. Dua situs yang bisa Anda coba adalah Freelancer Indonesia dan Sribulancer.

 

14. Jasa Pengetikan

Seperti halnya jasa penerjemahan, Anda umumnya tidak perlu modal menjalankan jasa pengetikan. Meskipun demikian, jasa pengetikan sebaiknya Anda pilih jika Anda tinggal di lingkungan sekolah atau kampus. Perihal tarif, Anda bisa menawarkan tarif per halaman atau jumlah kata. Sebagai contoh, Rp 2.000 untuk per halaman.

 

gambar rumah icon

 

15. Makelar Properti

Di lingkungan tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru? Jika Anda memiliki bakat marketing, Anda bisa menjadi makelar properti tersebut dengan menawarkan ke rekan-rekan kerja Anda atau orang lain.

Jangan lupa, Anda harus menjalin kerjasama dahulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda dapat menjual produk properti tersebut.

Untuk menjadi makelar properti, Anda tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Investasi yang Anda berikan adalah kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti tersebut.

Demikian 15 ide usaha sampingan yang dapat kami sampaikan. Silakan Anda pilih jika ada yang sesuai dengan latar belakang dan minat Anda. Jangan lupa, buat rancangan bisnisnya sehingga Anda bisa mengelola usaha sampingan tersebut dengan baik tanpa harus mengganggu produktivitas kerja Anda sebagai karyawan.

 

 


 

Sumber: www.duniakaryawan.com

Gambar: bestmobilephonespy.com | blogcoding.ru | www.vinspireuk.com | fitinline.com | krjogja.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com