Usaha Kecil-kecilan, Untung Besar - besaran - Bisnis Tahu Bakso

Memulai usaha kecil-kecilan salah satunya bisa dengan berbisnis Tahu Bakso. Untuk bahan awal pembuatan Tahu Bakso, kita misalkan butuh 40 buah tahu pong berukuran 5 x 5 cm, kemudian belah secara diagonal menjadi 2 bagian. Untuk alternatif selain tahu pong, Anda dapat menggunakan tahu putih goreng yang sudah Anda belah segitiga, dan kemudian Anda kerok atau hilangkan bagian dalam tahunya.

usaha kecil kecilan bisnis tahu bakso murah

 

Untuk isian tahu bakso, Anda bisa gunakan daging sapi dan daging ayam, campurkan keduanya dengan perbandingan 1:1, Kemudian tambahkan tepung, bawang putih, bawang merah goreng, dan garam. Giling semua bahan tersebut hingga halus.

Setelah adonan bakso tersebut jadi, Anda bisa masukkan ke dalam tahu yang sudah Anda belah dan Anda keluarkan isinya tadi. Setelah itu barulah Anda kukus tahu yang berisi adonan bakso tersebut selama kurang lebih 45 menit (sampai matang)

Setiap bisnis atau usaha, termasuk usaha kecil-kecilan kategori produk olahan seperti Tahu Bakso ini, Anda harus punya kiat-kiat khusus.

 

Konsistenlah terhadap mutu tahu bakso Anda.

Jika Anda telah menjadi produsen yang melayani banyak pesanan, Anda harus bisa mempertahankan resep produk Tahu Bakso agar rasanya tetap sama, karena bisa jadi pelanggan Anda sudah cocok dengan cita rasa Tahu Bakso Anda.

Selain itu, perhatikan juga cara penyimpanan yang benar untuk menjaga keawetan Tahu Bakso Anda. Untuk mutu produk Anda, jika perlu, sertakan juga sertifikasi dari BPOM

Kontinuitas/keberlangsungan pasokan bahan baku juga penting untuk Anda cermati. Mengapa? Karena hal ini akan berdampak pada kontinuitas produksi Anda kelak, sehingga Anda selalu dapat melayani permintaan pesanaan atas produk Anda.

 

Kuasai medan distribusi bisnis tahu bakso Anda.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam usaha kecil kecilan ini, yaitu distribusi bisnis tahu bakso Anda yang harus benar-benar Anda kuasai. Waktu pengiriman yang terlalu panjang atau sarana pengiriman yang tidak memenuhi standar akan dapat mengurahangi mutu Tahu Bakso Anda menurun. Pasti tidak ingin kan tahu bakso Anda rusak atau berbau masam karena terlalu lama di pengiriman? Maka dari itu, cari pengiriman yang efisien yang cepat dan aman.

 

Selalu pertimbangkan harga tahu bakso Anda.

Umumnya usaha makanan ringan tidak dengan mudah menaikan harganya dalam periode yang singkat, meskipun harga bahan baku dan sarana distribusi naik. Anda bisa menaikkan harga tertentu saat ada momen khusus tertentu seperti saat Lebaran atau saat BBM naik.

 

Jangan lupakan mrek usaha Anda.

Meskipun bisnis tahu bakso Anda masih termasuk usaha kecil kecilan, Anda tetap harus membangun merk dagang produk Anda. Bayangkan jika orang makan makanan yang mereka sukai tapi makanan tersebut tidak “bernama”, Nah di sini lah pentingnya merk.  

 

Analisis bisnis kecil kecilan usaha tahu bakso:

 

Bahan Baku:

Tahu (per hari): Rp. 100.000,-

Bahan isi: Rp. 50.000,-

Total Pengeluaran: Rp.150.000,- x 26 hari produksi = Rp.3.900.000,-

 

Operasional:

Distribusi: Rp.25.000 x 26 hari = Rp. 650.000

Total Pengeluran: Rp. 3.900.000 + Rp. 650.000 = Rp. 4.550.000

 

Pendapatan:

Penjualan 250 x Rp.900 x 26 hari: Rp. 5.850.000

 

Keuntungan :

Rp.5.850.000– Rp. 4.500.000: Rp.1.300.000

 

Saya rasa keuntungan sebesar 1,3 juta rupiah untuk 250 Tahu Bakso sudah merupakan keuntungan yang cukup banyak untuk usaha kecil-kecilan.

Nah, Bagaimana jika Anda mampu menjual 1.000 buah Tahu Bakso di setiap harinya? 

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kecil kecilan seperti usaha tahu bakso ini, pertimbangkan hal-hal di atas. Segera jalankan, dan buat usaha Tahu Bakso Anda besar.

 

sumber: dokterbisnis.net

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com