9 Bisnis Franchise Murah dan Menguntungkan Beserta Tips Memulainya

Peluang usaha waralaba kian membludak saat ini. Harga bisnis kemitraan ini pun kian bersaing, tak sedikit investor yang menginvestasikan modalnya di usaha berbasis franchise. Saat ini Hampir semua tempat di pusat-pusat keramaian hampir terdapat pemain usaha waralaba seperti ini. Mulai dari makanan, minuman, jasa, dan bahkan pelatihan sekalipun saat ini bisa diwaralabakan.

Bisnis Franchise Murah dan Menguntungkan Beserta Tips Memulainya

Dengan adanya bisnis berbasis waralaba atau franchise, peluang usaha bagi pebisnis ini pun kian terbuka. Pengusaha tidak perlu repot memikirkan barang dagangan serta mempelajari sistem dan konsep pemasaran yang cukup rumit, karena hal itu telah ditangani oleh pihak franchisor atau pemberi hak waralaba.

Bisnis Franchise Murah

Memulai usaha Franchise memang cukup menarik. Mulai dari kemudahan yang didapat dibanding mendirikan usaha dengan tim sendiri tau dengan modal yang dapat disesuaikan dengan modal kita. Terdapat beberapa franchise yang memiliki manajemen yang baik, dan juga franchise yang membutuhkan modal relatif minim atau yang bisa dibilang franchise murah. Berikut daftar franchise-franchise tersebut:

image franchise waralaba murah indonesia(img: franchisezone.weebly.com)

 

9 Bisnis Waralaba Murah + 1 Peluang Usaha di Indonesia

1. Mucho (Mummy Choco)

Waralaba yang produk utamanya adalah minuman coklat ini termasuk waralaba minuman terlaris. Mucho mencatat terdapat 157 gerai mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Di tengah wilayah tropis seperti Indonesia ini, berjualan minuman yang menyegarkan bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan, apalagi saat-saat menjelang bulan puasa. Jika tidak ada saingan, dan lokasi penjualan Anda di tempat yang ramai dan strategis, Anda bisa menjual hingga 70 cup es mucho setiap harinya. Modal awal untuk bisnis ini terbilang cukup bersahabat, yaitu Rp 7.000.000

2. Cetroo Coffee

Hampir sama dengan Mucho, Cetroo menjual produk minuman, namun produk utama Cetroo adalah minuman kopi. Franchise minuman kopi yang laris ini berfokus pada penjualan kopi di berbagai daerah di Indonesia. Modal awal franchise ini masih di bawah 10 juta kok, Anda setidaknya perlu Rp 9,5 juta Rupiah untuk membuka bisnis minuman kopi ini.
Cetroo Coffee tidak hanya membuka bisnis waralaba berbasis booth atau gerobak, bagi Anda yang bertujuan untuk membuka café, Cetroo Coffee juga menyedikan kerjasama franchise café.

3. Martabak Mini Afrika

Bisnis yang bisa anda mulai dengan modal minimal 6,7 juta ini terbilang unik. Jika martabak manis yang biasa dikenal seukuran piring namun tidak dengan Martabak Mini Afrika ini. Seperti namanya, martabak ini berukuran mini/kecil-kecil. Martabak ini juga kian menarik dengan warna-warni yang cerah.

4. MyChoco Iceblend

Bisnis minuman memang tengah tinggi-tingginya. Franchise yang satu ini juga ikut meramaikan persaingan franchise minuman coklat, bertarung bersama Mucho, franchise MyChoco menjual minuman berbahan dasar coklat. Waralaba minuman coklat yang satu ini telah memiliki 26 franchisee/mitra di seluruh Indonesia. Harga paket franchise MyChoco dimulai dari harga 8 jutaan.

5. Chicken Popop

Ayam goreng yang satu ini berbeda dengan ayam goreng tepung lainnya. Chicken Popop lebih tepat dibilang sebagai cemilan dari ayam tepung. Berbentuk bola-bola ayam tepung ditambah dengan topping bumbu pedas dan aneka rasa, Chicken Popop mampu menarik banyak penggemar cemilan. 
Franchise ayam goreng Chicken Popop dapat Anda jalankan dengan modal waralaba sekitar 6 jutaan, tepatnya Rp 6,2 juta!!

6. Kingkong Sosis

Franchise Kingkong Sosis dibanderol dengan hak waralaba sebesar Rp 5,6 Juta. Paket waralaba makanan yang tergolong murah ini juga mempunyai pangsa pasanya yang cukup melimpah di berbagai daerah di Indonesia. Produk utama bisnis waralaba ini adalah sosis bakar, Anda bisa menjalankan bisnis makanan cepat saji ini hampir di setiap tempat yang Anda inginkan (karena pasarnya cukup luas).

7. Martabak Mini Rainbow

Nah jika tadi ada martabak Waka Mini Afrika, kali ini pesaing ketatnya bernama Martabak Mini Rainbow. Mengusung martabak sebagai produk utama, waralaba makanan yang satu ini mengemas martabak dengan cantik dan unik. Konsumennya pun dari berbagai kalangan, mulai dari anak sekolahan, hingga pekerja, dari anak-anak hingga kaum muda-mudi. Hak beli waralaba ini yaitu Rp 5,7 Juta.

8. Zuppa Zip

Mengusuang tema makanan Italia, Zuppa menyajikan sup khas Italia. Jangan salah sangka, sup ini tidak seperti yang kita bayangkan tentang sup pada umumnya. Zuppa sup merupakan makanan pembuka, yang berarti bisa digolongkan sebagai cemilan. Untuk paket tanpa boothnya sendiri, Anda memerlukan modal Rp 7,5 juta untuk menjalin kerjasama dengan Franchise Zuppa Zip.

9. Putu Holic

Jika Zuppa Zip mengusung tema makanan mancanegara, kali ini Putu Holic membawa makanan tradisional nusantara. Putu Holic mengemas makanan tradisional seperti putu dengan nuansa lebih modern. Jika Anda berniat berbisnis makanan tradisional yang kekinian, Anda bisa bergabung menjadi mitra usaha waralaba Putu Holic. Modal yang Anda butuhkan yaitu sekitar Rp 5,5 juta.

10. Fresh Powder Drink

Trend minuman cepat saji memang tengah naik-naiknya saat ini. Tentu setiap mitra franchise minuman coklat saji seperti MyChoco dan Mucho membutuhkan yang namanya supplier/pemasok. Fresh Powder Drink (FPD) hadir sebagai supplier minuman serbuk/bubuk berkualitas yang siap mendistribusikan produknya ke pebisnis minuman cepat saji. Jika Anda berminat untuk menjadi rekanan bisnis minuman Fresh Powder Drink, Anda bisa menjadi mitra, agen, distributor ataupun reseller dengan modal minimal Rp 1 juta.

Dengan Rp 1 juta, Anda sudah bisa menjadi supplier bagi cafe-cafe atau pemilik usaha franchise minuman cepat saji. Atau jika Anda berminat untuk membuka gerai minuman cepat saji sendiri, Anda bisa saja memasok persediaan dari FPD yang tentunya dipatok dengan harga yang bersahabat.

image thinking woman panduan wirausaha

 

Cara Memulai Bisnis Franchise/Waralaba

Untuk memulainya, dibutuhkan ketepatan dalam memilih jenis Franchise yang Anda inginkan. Karena dengan pilihan yang tepat, maka akan sangat berpengaruh pada jalannya usaha Anda ke depannya. 


Riset Pasar

Menentukan segmen pasar yang akan dituju merupakan hal penting yang akan menunjang keberhasilan dan kesuksesan usaha Franchise yang akan Anda jalankan kelak. Seperti iklim misalnya, perlu diketahui bahwa terdapat dua iklim di Indonesia yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Bergantinya musim tidak mengharuskan Anda lantas berganti-ganti usaha Franchise, tetapi hal ini dimaksudkan agar Anda lebih jeli lagi dalam menentukan jenis usaha waralaba Anda dengan menentukan peluang usaha waralaba seperti apakah yang ingin Anda jalankan.

Bagi Anda yang melirik Franchise makanan, dengan memulai karir sebagai pengusaha Franchise camilan atau makanan ringan dengan konsep minimalis dan sederhana, Anda tetap dapat membawa unsur yang ‘wah’ dari produk Anda.


Brand

Salah satu unsur produk yang satu ini perlu Anda pikirkan baik-baik. Brand atau merk mempunyai pengaruh penting terhadap kemajuan usaha Anda kelak. Anda bisa melakukan pemilihan nama yang tepat untuk produk Anda misal dari pangsa pasar yang hendak Anda target, atau dari trend pasar yang sedang booming.

Misal jika pasar yang ingin Anda target adalah golongan muda, maka brand yang Anda usung juga bisa menyesuakan dengan mereka. Jika Anda mengikuti trend produk yang booming di pasaran, Anda bisa menyesuaikan nama brand dari trend ini, misal saat ini tengah trend minuman coklat, maka Anda bisa mengambil nama produk Anda yang “nyerempet-nyerempet” dengan unsur coklat.

Setelah Anda sudah mendapatkan nama yang tepat, perlu Anda tawarkan juga konsep menu yang menarik. Konsep menu bisa Anda buat semenarik mungkin atau sesederhana mungkin. Dari menu-menu Anda ini, ciptakan suatu brand yang mudah diingat atau “catchy” di konsumen”

Perlunya Anda mengolah kembali ide kreatif dari olahan dan tampilan usaha Franchise Anda. Sebab, saat ini tak sedikit konsumen tertarik pada sesuatu yang beda dari yang lain.

Bila Anda dapat mengemas produk Anda dari segi tampilan, konsep, dan menu, Anda juga perlu memperhatikan cita rasa. Jadikan produk Anda memiliki cita rasa yang khas yang hanya dimiliki oleh Anda. Selain khas, tentu harus cocok di lidah konsumen Anda. Dengan begitu Anda dapat meraup konsumen dari peluang usaha franchise ini.


Packaging/Kemasan Produk

Kemasan merupakan unsur yang tak kalah penting dari suatu. Dari kemasan, konsumen mampu menilai apa yang Anda jual. Tentunya bikinlah kemasan yang selain menarik, namun juga menyajikan informasi yang dibutuhkan konsumen. Sehingga produk Anda dapat menarik banyak konsumen.

Menarik misal dari segi warna atau desain kemasan, kembali lagi, perhatikan pasar konsumen Anda atau dari trend yang ada saat ini. Beberapa konsumen lebih memilih produk yang dibawakan dengan simpel namun elegan, namun ada juga yang lebih tertarik dengan desain yang rumit dan mencolok. Semua tergantung Anda.

Perhatikan juga informasi-informasi terkain produk Anda yang harus Anda perhatikan untuk menambah kredibilitas produk Anda. Misal nama perusahaan/usaha Anda, kode produksi, tanggal kadaluwarsa, dan cantumkan pula nomor sertifikat lulus uji dari BPOM.

 

 


sumber: erakini.com
foto: franchiseindonesia.info

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com