Apakah Ada Bisnis Tanpa Modal? Dan Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dari Nol?

Banyak iklan bisnis yang menawarkan bisnis tanpa modal. Hmm.. Kalo dipikir-pikir, apakah ada bisnis tanpa modal dan jika ada, kira-kira bisnis tanpa modal itu yang seperti apa?

Dalam pengertian ekonomi, misalnya menurut Prof. Beker, pengertian modal adalah barang-barang yang nyata (konkret) yang masih ada di dalam dapur perusahaan, atau modal juga dapat berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang tersebut yang tercatat disebelah kredit. Sedangkan menurut salah seorang ahli ekonomi asal Indonesia Sugiarto, S.E., berpendapat bahwa modal adalah segala nilai aktiva yang dimiliki oleh perusahaan dan digunakan untuk mendapatkan pendapatan. Menurutnya, modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal intern dan ekstern.

img think illustration

img: schoolofthinking.org

 

Bagaimana tuh? Mungkin bisnis tanpa modal yang dimaksud oleh orang kebanyakan saat ini adalah lebih seperti bisnis yang tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Nah kira-kira ada gak bisnis yang seperti itu?

 

Pertama kita perlu memahami, jika tanpa mengeluarkan uang kira-kira apa yang bisa “digadaikan” sebagai gantinya? Tentu saja salah satunya adalah tenaga yang kita miliki.

 

Kemudian kita berpikir, pekerjaan atau bisnis apa yang “hanya” membutuhkan tenaga sebagai modal utamanya? Karena tenaga bisa dibilang aset yang tak terlihat, maka bisnis yang menyangkut hal ini mencangkup hal-hal yang tak terlihat atau bukan riil seperti bisnis-bisnis yang berputar di penjualan barang-barang misalnya. Jadi apa kira-kira bisnis yang lebih mengandalkan tenaga sebagai modal utamanya?

 

Yups, bisnis jasa. Anda bisa menyedikan bisnis yang menjual tenaga Anda atau lebih tepatnya dibilang bisnis jasa. Nah, sekarang tinggal memikirkan jasa apa saja yang Anda mampu untuk menjualnya?

 

Baiklah, akan Admin bantu memberi inspirasi. Hampir semua produsen menginginkan produk mereka laku di pasaran. Nah, dalam pemasarannya mereka membutuhkan tenaga penjual. Jika marketing lebih dikonotasikan suatu pekerjaan dengan kontrak dan target, maka Anda bisa melakukan bisnis serupa marketing tapi tidak sama dalam kontraknya, yaitu menjadi perantara.

 

Jasa perantara penjualan produk.

 

Produk apa yang kira-kira bisa Anda masuki untuk menjadi perantara di sana? Mungkin salah satunya produk properti. Kenapa? Saat ini pengembang muncul dan pendirian bangunan telah menjamur di berbagai tempat, namun tak selamanya penjualannya berlangsung cepat. Nah, Anda bisa masuk untuk ikut serta menjualkan properti yang dijual, nanti Anda bisa mengambil keuntungan dari properti yang berhasil Anda jual.

 

Bagaimana cara memulai bisnis ini dari Nol dan cara mengembangkannya?

 

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari peluang, Anda bisa mencari lowongan-lowongan atau mengamati lingkungan sekitar apakah ada pengembang yang tengah mendirikan properti, dsb.

 

Kedua, Ketika Anda telah menemukan calon penjual, maka tawarkan saja kerjasama di mana Anda akan menjualkan produk mereka dengan ketentuan yang Anda buat, termasuk harga dan besaran keuntungan yang Anda inginkan. Alangkah baiknya jika Anda membuat kontrak perjanjian ini di atas kertas. Sehingga lebih sah.

 

Ketiga, jika perjanjian dengan penjual telah disepakati, saatnya Anda cari pembeli potensial. Anda bisa mencarinya di lingkungan sekitar Anda, apakah ada orang yang kira-kira berminat untuk membeli rumah, bisa dari kalangan pekerja maupun pengusaha.

Atau Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, cari saja grup yang menyediakan tempat khusus untuk jual beli rumah, gunakan keyword "jual beli rumah/properti" di laman pencarian Facebook. Anda bisa lebih mencari pembeli potensial di sini.

 

Keempat, Sisihkan penghasilan dan gunakan untuk mengembangkan usaha Anda. Jika Anda telah memiliki cukup pendapatan dari kerja Anda tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan membentuk tim atau agen yang bertugas untuk menjualkan properti, di situ Anda adalah ketua timnya. Jika berkembang Anda bisa membuat agensi marketing yang menyediakan jasa penjualan/pemasaran untuk berbagai macam produk.

 

Bagaimana? Mungkin Anda punya konsep bisnis yang mengandalkan jasa selain yang telah Admin sebut di atas?

 

Semoga membantu.

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com