Peluang Usaha Keripik Singkong Beserta Analisis Usahanya

Waralabakan - Keripik singkong yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan hasil singkong yang melimpah, tak heran jika Indonesia juga kaya akan beragam sajian olahan makanan berbahan dasar singkong.

Keripik singkong terus bertahan dan seakan tak lekang oleh perkembangan jaman. Malah semakin hari, usaha keripik singkong semakin mampu beradaptasi dengan perkembangan selera dan trend.

Pada umumnya cita rasa keripik singkong yaitu gurih yang khas. Seiring dengan tingginya permintaan konsumen, para pengrajin produk olahan singkong ini membuat varian-varian baru seperti keripik singkong dengan rasa pedas-asin, pedas-manis, balado dan juga rasa keju. 

 

img resep keripik singkong pedas analisis usaha

 

Bahkan kini untuk varian rasa pedas saja, dihadirkan dengan tingkat level kepedasan. Banyak para pedagang yang beralih mengubah jenis dagangan keripiknya dengan keripik pedas dengan tingkatan level yang berbeda dengan jenis brandnya masing-masing.


Dari jenis keripik pedas yang terkenal yakni keripik pedas Maicih, Keripik Setan, Keripik Mang Lada, Keripik Goal dan lainnya. Rata-rata pembuat brand keripik pedas tersebut menawarkan keripik pedasnya dalam tingkatan level yang berbeda sperti membuat tingkatan level satu sampai tingkatan level sepuluh, namun ada juga yang menawarkan tingkatan level TK hingga level Professor. Semakin tinggi tinggakat yang ditawarkan, semakin pedas pula rasa pedas yang ditawarkan.

Rata-rata penikmat keripik pedas ini adalah kalangan anak muda atau remaja. Tingginya pertumbuhan penduduk dengan banyaknya anak muda tentu memberikan prospek bisnis yang cukup cemerlang. Tertarik untuk mencoba bisnis keripik singkong pedas seperti ini?

Pesona keripik singkong memang seakan tak pernah pudar. Bisnis atau Industri olahan singkong ramai kebanjiran order di tiap waktunya.

Camilan ringan yang satu ini menjadi salah satu camilan yang tak pernah lupa untuk dinikmati saat santai, berekreasi, berkumpul, dan lain sebagainya. Peluang bisnis keripik singkong juga sangat menggiurkan dengan manawarkan laba yang tak sedikit jumlahnya.

Bisnis keripik singkong tergolong mudah dikerjakan. Bagi Anda yang berminat untuk terjun langsung dalam bisnis Keripik Singkong Pedas, di bawah ini kami sajikan beberapa hal yang penting yang perlu Anda ketahui atau persiapkan sebelum mengawali bisnis tersebut:

  1.   Pertama kenali dahulu jenis singkong dengan kualitas yang baik.
    Untuk mengetahui jenis singkong ini, akan lebih baik jika Anda menjalin kerjasama langsung dengan para petani singkong. Anda dapat mengetahui jenis singkong yang baik dan mendapat harga yang jauh lebih murah dari mitra tani Anda.
  2. Persiapkan perlengkapan atau peralatan yang akan diperlukan dalam memudahkan proses pembuatan keripik singkong seperti mesin perajang singkong, mesin pengemas, merek, plastik kemasan, alat penggorengan dan lainnya.
  3. Tingkatkan keterampilan serta pengetahuan Anda tentang cara pengolahan keripik singkong dengan benar dan tepat. Semaksimal mungkin Anda harus mampu memproduksi keripik singkong dengan hasil keripik yang renyah dengan cita rasa yang enak serta nikmat. Sebisa mungkin buat rasa keripik singkong Anda memiliki ciri khas tertentu yang tidak dimiliki produsen keripik singkong yang lainnya.
  4. Miliki juga cara jitu dengan membuat kemasan unik serta menarik untuk keripik singkong Anda. Selain cita rasa yang nikmat dan lezat, tentu kemasan produk juga memiliki daya tarik tersediri kepada konsumen. Usahakan membuat kemasan keripik singkong tampil menarik, bagus serta lebih berkualitas agar banyak yang penasaran dan tertarik untuk membeli produk keripik singkong Anda.

 

Dalam menjalankan bisnis keripik singkong tentu Anda juga perlu mengetahui analisis bisnis keripik singkong agar Anda dapat dengan mudah memperhitungkan biaya yang akan dibutuhkan dalam proses bisnisnya. Lalu, apa saja peralatan yang dibutuhkan serta biaya yang perlu dikeluarkan dalam bisnis keripik singkong? 

 

Analisis Usaha Keripik Singkong

Modal Awal
Mesin Perajang Singkong = 4.390.000
Kompor dan gas = 400.000
Mesin hand sealer = 329.000
Peralatan dan perlengkapan lainnya = 1.000.000
Total modal awal = 6.119.000

 

Biaya Operasional
img biaya operasional usaha keripik singkong pedas

 

Analisis Usaha


Jika diasumsikan 1 bungkus keripik singkong seberat 200 gr, maka dalam waktu satu hari dapat diproduksi sekitar 400 bungkus. 

Jika dijual dengan harga per kemasan Rp 5.000, dan mampu menjual 400 bungkus per harinya maka perhitungan yang didapatkan adalah:
Harga keripik Rp 5.000 x 400 bungkus = Rp 2.000.000

Dan perhitungan laba kotor dalam jangka waktu satu bulannya adalah:
Pendapatan perhari Rp 2.000.000 x 30 hari = 60.000.000/bulan

Jadi dapat disimpulkan jumlah laba kotor dalam jangka waktu 1 bulan sebesar Rp 60.000.000

Dalam perhitungan laba bersih untuk setiap bulannya dapat diperoleh dengan perhitungan:
Pendapatan perbulan – (biaya operasional + modal awal)
60.000.000 – (11.870.000 + 6.119.000) = 42.011.000

Jadi jumlah laba bersih yang diterima dalam bulan pertama usaha keripik singkong tersebut dengan asumsi di atas sebesar Rp 42.011.000

 

Demikian informasi seputar peluang bisnis keripik singkong beserta analisis usahanya. Informasi di atas dapat Anda jadikan gambaran atau sebuah referensi jika Anda hendak berbisnis makanan olahan singkong (keripik singkong).

 

sumber: www.bukausahayuk.com | zonamakan.blogspot.co.id

 

 

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com