Referensi Peluang Usaha di Desa, Usaha Rumahan Sebagai Sampingan

Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir, “apa mungkin bisa mendirikan usaha rumahan yang sukses di desa?” Nah untuk menjawab keraguan tersebut, kita berikan beberapa peluang usaha yang bisa didirikan di desa sebagai rujukan atau referensi bagi Anda semua.

Peluang usaha di desa atau kampung dengan modal minim dan menjanjikan


Sebelum menjalankan usaha kecil-kecilan Anda di tempat tinggal Anda, sebelumnya lakukan dulu langkah-langkah berikut:

a. Cari tahu kira-kira usaha apa yang berpeluang di desa Anda
Coba perhatikan lagi, apa saja kebutuhan masyarakat yang belum tersedia di desa Anda.  Atau apa saja peluang usaha yang masih memiliki prospek tinggi dan bisa Anda jalankan nantinya. Anda bisa melakukan survey sendiri atau bertanya kepada kerabat, orang tua dan teman.

b. Apa minat atau bakat yang Anda miliki
Usaha yang dijalankan sesuai dengan apa yang Anda inginkan biasanya dapat memberikan dampak positif. Yaitu Anda kemungkinan akan serius ketika menjalankan bisnis tersebut karena Anda menyukainya dan punya kemampuan menjalankannya. Untuk itu perlu Anda cari terlebih dahulu di mana bakat dan minat yang Anda miliki.

c. Amati tiru dan modifikasi (ATM)
Sekarang ini usaha atau bisnis sudah beragam bentuknya, jika Anda kesulitan untuk menemukan bisnis apa yang ingin Anda kerjakan, Anda bisa meniru bisnis yang telah ada dan kemudian Anda modifikasi dan kembangkan sesuai dengan taste Anda. Metode ini sering disebut dengan istilah ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

Nah, setalah 3 hal di atas, berikut kami berikan contoh peluang usaha rumahan sebagai referensi Anda membangun usaha di desa.

 

image jual pertamini peluang usaha di desa
img Pertamini | produsenpertamini.com

 

1. Membuka Usaha Pertamini / Pom bensin mini portable

Sering kali ketika kita ke desa, terasa sulit untuk menemukan pom bensin. Nah jika memang kebutuhan bensin/bbm terbilang cukup tinggi dan jumlah kendaraan bermotor pun semakin bertambah. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan buka usaha pom bensin mini.
Peluang ini terbilang cukup bagus untuk dikembangkan pada wilayah desa yang mulai berkembang.

Pom bensin mini saat ini memang cukup menarik jika dibanding dengan kios konvensional. Untuk peralatan Pertamini, Anda bisa membuat sendiri atau Anda bisa membelinya di produsen/penjual seperti di produsenpertamini.com salah satunya

 

img kartu sim untuk cara jual pulsa all operator

img: chip kartu chip seluler | www.wisegeek.org

 

2. Jual Pulsa Hp dan Token listrik PLN juga bisa dijalankan di desa dengan modal yang relatif kecil

Jangan salah..

Perkembangan jaringan selular untuk keperluan komunikasi dan internet kini telah merambah hingga pelosok desa. Kita bisa melihat tower pemancar signal pemancar ada di banyak tempat, dan kemungkinan akan terus bertambah. Membuka usaha pulsa elektrik di desa bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha konter pulsa ?
Cukup sederhana, Anda bisa menggunakan semua jenis HP yang bisa digunakan untuk SMS. Jadi HP jadul pun masih bisa digunakan untuk jualan pulsa elektrik ini.
Tapi, Anda juga bisa menggunakan smartphone supaya lebih mudah. Karena smartphone lebih canggih dari segi pilihan transaksi, misal untuk menggunakan email atau chatting.
Untuk informasi tentang cara menjual pulsa elektrik all operator lebih jauh lagi, silakan baca artikel di bawah ini.

Baca: Cara Jual Pulsa All Operator

 

img media sosial
sosial media icons | caemarketing.com

 

3. Bisnis Online

Bisnis online merupakan bisnis yang dikerjakan melalui perantara internet sehingga dapat dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Saat ini jaringan internet telah tersebar luas, mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Dengan adanya perkembangan seperti ini, Anda bisa memanfaatkan jaringan internet untuk berbisnis.

Pertanyaannya, apakah Anda ingin manual produk sendiri atau menjual produk orang lain, dan produk apa yang ingin Anda jual? Dengan mengetahui kriteria bisnis yang ingin Anda jalankan, Anda bisa mengetahui strategi apa yang ingin Anda terapkan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual barang milik Anda, Anda bisa menjualnya melalui market place/toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, dsb. Atau jika Anda tidak punya produk tapi ingin jualan produk, Anda bisa mendaftar sebagai reseller online.

Baca: Menjadi reseller coklat Kakakoa

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Pengguna media sosial saat ini sangat banyak di Indonesia.

 

img aice ice cream indonesia

AICE | aice.co.id/

 

4. Jual AICE Ice Cream

AICE memang sedang booming saat ini, dan telah masuk ke desa-desa. AICE merupakan produk es krim aneka rasa yang dibranderol dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 2000-an, dan punya pasar anak-anak yang cukup besar Indonesia.

Anda juga bisa menjual produk AICE ini, yaitu dengan menjalin kerjasama dengan produsen/manajemen AICE. Simak artikel ini untuk mengetahui cara bergabung dengan AICE lebih detilnya.

 

img peluang usaha Mucho waralaba minuman
Franchise Mucho | muchomania.com

 

5. Membuka usaha Franchise/Waralaba sebagai usaha sampingan

Usaha berkonsep waralaba adalah salah satu peluang usaha di desa yang cocok dijalankan sebagai usaha sampingan.  Selain konsepnya yang simpel juga modal usaha yang terjangkau, ada yang mulai 4 jutaan Rupiah.

Franchise/Waralaba adalah konsep bisnis di mana ada pemilik brand dan pembeli hak jual brand menjalankan bisnisnya. Gampangnya, jika Anda pernah melihat Indomaret, Alfamart, keduanya adalah usaha berkonsep franchise.

Dalam bisnis franchise, Anda membeli hak jual brand dari pemiliknya, dan kemudian si pemilik akan memberikan ijin usaha yang biasanya juga termasuk memberikan peralatan dan perlengkapan usahanya.

Beberapa franchise salah satunya adalah Muchomania dan Cetroo Coffee yang menjual produk minuman blender aneka rasa. Anda bisa mencari franchise untuk kerjasama, selengkapnya di Daftar Franchise Waralabakan.com.

 

Kesimpulan:
Nah itu tadi adalah beberapa usaha yang bisa Anda jadikan referensi peluang usaha di desa. Apapun bisnis yang Anda jalankan, faktor yang cukup penting adalah kemauan untuk bersabar dan tekun berusaha serta mengembangkan diri supaya bisa mencapai sukses. Kita dapat belajar dari orang - orang yang telah sukses yang sesuai dengan bidang kita.

 

 

referensi: www.kolomsatu.com
header image: www.nanapanich.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com