Cara Jual Pulsa All Operator, Memilih Agen, Hingga Tips untuk Berhasil

Hingga pada tahun 2017 ini, pulsa seakan mulai menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat. Bagaimana tidak, Pulsa menjadi unsur penting dalam kelangsungan komunikasi di era digital yang kian maju ini. 

Pulsa tidak hanya digunakan sebagai pembayaran biaya telepon/sms namun juga saat ini telah dapat untuk membayar internet atau bahkan tagihan listrik/air. Maka dari itu, tak sedikit orang yang berbondong untuk membuka usaha penyedia isi ulang pulsa, atau penjualan voucer perdana, karena memang bisnis pulsa mempunyai pasar yang luas juga. 

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha pulsa, maka Anda perlu tahu beberapa cara jualan pulsa supaya Anda dapat memperoleh laba yang maksimal. Di sini akan Admin akan membahas secara detail tentang bisnis pulsa ini mulai dari mengenali jenis agen pulsa, cara memulainya, hingga tips dan trik supaya dapat sukses dalam bisnis ini. 

Transaksi pulsa sendiri pada dasarnya, yang pertama dapat dilakukan menggunakan menggunakan chip. Chip tersebut dapat digunakan untuk menjalankan transaksi pengisian pulsa. Yang kedua adalah transaksi langsung melalui bank, dan yang ketiga adalah transaksi pulsa melalui internet atau online.

 
img chip kartu sim
img: chip | www.wisegeek.org    


1. Jualan Pulsa Menggunakan Chip

Chip yang dapat digunakan untuk melakuakan pengisian pulsa dapat Anda miliki dengan cara mendatangi langsung dealer penjualan chip pulsa terdekat di kota Anda. Bila Anda tidak mengetahui di mana tempat yang menjual chip tersebut, maka Anda bisa mencari tahu melalui internet atau bertanya ke Customer Service provider sesuai dengan pulsa provider apa yang ingin Anda jual.

Pada umumnya Anda akan diminta untuk mempersiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan menyiapkan uang sekitar Rp 5.000 hingga dengan Rp 30.000 untuk membeli chip atau sim card tersebut.

Terdapat berbagai macam chip yang dapat Anda gunakan sesuai dengan provider masing-masing, ada pula chip yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi all operator (semua operator). Jenis-jenis chip tersebut di antaranya adalah:


a. Sev M-TRONIK

Merupakan chip yang digunakan untuk pengisian pulsa Indosat. PT Indosat sendiri memilki fasilitas isi ulang pulsa secara elektronik yang disebut Indosat Electronic Voucher atau disingkat i-SEV. Menggunakan fasilitas ini, pengisian pulsa pun semakin cepat dibandingkan dengan model host to host.

Hal ini disebabkan karena sistem akan langsung terhubung dengan server milik Indosat sehingga respon akan lebih cepat. Anda dapat memiliki chip tersebut dengan membelinya di dealer ataupun sub-dealer resmi Indosat terdekat di kota Anda.


b. MKIOS

MKIOS adalah layanan milik Telkomsel dalam pengisian ulang pulsa secara elektronik. Layanan MKIOS ini cukup mudah digunakan karena menggunakan kode Un-Suplementary Service Data atau biasa disebut kode USSD. Kode USSD ini juga digunakan sebagai cara untuk melakukan beberapa pengecekan dan pembelian paket data dan konten lainnya. Misalnya untuk cek pulsa Telkomsel adalah *888#.

Pengisian pulsa menggunakan chip MKIOS ini cukup cepat yakni biasnya memakan waktu kurang dari satu menit hingga pulsa terisi. Anda dapat memiliki chip ini dengan melakukan pendaftaran pada dealer ataupun sub-dealer resmi Telkomsel terdekat di kota Anda.


c. DOMPUL XL

Untuk pengisian ulan pulsa XL Anda dapat menggunakan layanan DOMPUL XL atau DOMpet PUlsa XL yang merupakan sebuah chip atau sim card yang digunakan untuk melakukan transaksi isi ulang pulsa XL.

Pembelian stok dapat dilakukan dalam berbagai nominal, namun khusus untuk pulsa 25.000 ke atas tidak menggunakan sistem stok, melainkan menggunakan sistem deposit. Seperti halnya MKIOS dan MTRONIK, chip DOMPUL XL ini juga dapat diperoleh pada dealer serta sub-dealer resmi XL.


img cara jual pulsa
img: www.bradfordwaughdesign.com 

d. Chip for All Operator

Cara jualan pulsa all operator salah satunya dengan menggunakan chip all operator. Chip atau sim card jenis all operator memungkinkan Anda dapat menjual semua jenis pulsa dari provider atau operator mana pun sehingga lebih memudahkan Anda dalam operasional usaha pulsa ini. 

Dengan memiliki chip yang dapat menjual pulsa all operator membuat Anda lebih hemat dari segi modal karena Anda dapat menggunakan satu handphone serta satu sim card untuk menjual pulsa semua operator. 

Anda bisa menggunakan chip atau sim card milik Anda sendiri untuk didaftarkan sebagai chip yang dapat mengisi pulsa all operator. Cara pendaftaran sim all operator ini bisa Anda lakukan dengan mendatangi counter terdekat yang menyediakan layanan tersebut. 

Transaksi dapat dilakukan dengan cara SMS dengan format tertentu tergantung operator yang dituju. Untuk stok pulsa dapat Anda beli dengan sistem deposit. Jika Anda ingin menggunakan chip all operator ini, Anda harus pandai memilih server. Pilihlah server yang memiliki respon yang cepat dalam artian layanan tersebut dapat memberikan pemberitahuan apakah pulsa berhasil masuk atau gagal

 

2. Jualan Pulsa Menggunakan Bank

Kini bank juga menyediakan layanan pulsa elektronik yang dapat dimanfaatkan nasabahnya untuk bertransaksi pulsa. Tak sedikit bank yang memberikan kemudahan pembelian pulsa melalui internet banking dan mobile banking. 

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan jika Anda akan menjual pulsa menggunakan bank, yakni melakukan transaksi melalui sms banking dan melalui interbet banking. Untuk dapat membeli pulsa dengan sms banking, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan nomor handphone Anda pada customer service bank Anda. Hal tersebut diperlukan agar Anda dapat melakukan transaksi melalui sms banking. 

img mandiri sms banking
img: www.bankmandiri.co.id 

Cara melakukan pembelian sms banking mungkin sedikit berbeda, tergantung dari aturan bank yang Anda gunakan. Contoh, untuk melakukan pembelian pulsa dengan sms banking Mandiri, Anda dapat mengirim sms ke 3355 mengikuti format ISI (kode rekening)-(nomor handphone)-(jumlah pulsa yang akan dibeli). Setelah mengirimkannya, Anda akan mendapat balasan untuk mengirimkan nomor konfirmasi yang merupakan 2 digit angka acak pin untuk sms banking Mandiri milik Anda. Kirimkan kode konfirmasi Anda, maka pulsa akan segera masuk ke nomor tujuan. 

Yang kedua, jika bertransaksi dengan internet banking, cara pengisian pulsa mungkin lebih mudah lagi. Karena proses pemilihan pulsa yang akan Anda beli dapat dengan mudah Anda pilih melalui bagian menu aplikasi internet banking dari bank Anda. 

Nah, untuk lebih jelasnya, jika Anda berminat untuk melakuakan transaksi pulsa dengan bank, silakan Anda temui Customer Service bank Anda.

 

3. Jualan Pulsa Online

Jualan pulsa lewat internet atau online menjadi tren baru karena kemudahannya yang dapat dilakukan hampir oleh siapa saja.

Agar tidak terkena penipuan berkedok bisnis pulsa online, Anda bisa melakukan penelitian kecil-kecilan. Hal yang dapat Anda lakukan pertama, memastikan bahwa perusahaan yang bergerak secara online tersebut memiliki track record yang baik, dengan melakukan pengecekan mengenai bagaimana model usahanya dan ketersedian customer service atau tempat untuk melakukan komplain, apakah perusahaan dapat merespon dengan baik dan cepat terhadap komplain dan pertanyaan dari customer, dan juga periksa siapa saja nasabah/konsumennya.

Hal sederhana tersebut dapat menjadi salah satu tolok ukur Anda dalam memilih penyedia pulsa online Anda.

Anda juga dapat bertanya kepada penjual yang telah berpengalaman mengenai server mana yang dapat melakukan transaksi dengan cepat, jarang mengalami gagal kirim, dan memilki respon yang cepat terhadap masalah.

Anda juga dapat memilih server yang dapat melakukan transaksi 24 jam dan kejadian offline jarang atau tidak pernah terjadi sehingga pelayanan Anda terhadap pelanggan pulsa Anda nantinya dapat selalu maksimal dan memuaskan.


img to do list membuat persiapan
img: to do list | www.hubspot.com 
 

I. Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Jualan Pulsa

Setelah kita mengetahui berbagai jenis atau tipe transaksi berjaulan pulsa, kini saatnya kita mempelajari bagaimana cara menjalankan usaha pulsanya.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda memula untuk menjual pulsa. Mari kita simak satu persatu.


1. Modal

Modal awal usaha ini adalah sim card, handphone, dan deposit untuk dijual (untuk deposit Anda bisa memilih dari yang mulai kecil dulu). Jika Anda hendak memilih model penjualan secara online menggunakan internet maka akan lebih tepat jika setidaknya Anda memiliki smartphone atau personal computer/laptop yang dapat terkoneksi internet.


2. Mulai berjualan

Jika Anda telah memilih metode penjualan pulsa (menggunakan chip atau mengguanakan internet, dan sebagainya), dan Anda telah mempersiapkan modal dan peralatan yang dibutuhkan, maka Anda bisa mulai berjualan. 

Ada berbagai model berjualan yang dapat Anda lakukan. Misal, Anda bisa menyewa sebuah kios di tempat yang strategis. Namun bila Anda tidak memiliki cukup modal untuk menyewa kios, Anda dapat membuka usaha pulsa Anda di rumah. Anda bisa memulainya dengan menawari tetangga sekitar Anda. 

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial yang Anda miliki sebagai media promosi gratis kepada teman-teman Anda, misal dengan membuat kiriman di grup FB, grup WA, dan sebagainya.

img jualan di media sosial
img: www.caemarketing.com 

 

II. Tips Berjualan Pulsa Agar Sukses

Menjalankan sebuah usaha pulsa bukanlah perkara gampang. Walaupun pulsa merupakan kebutuhan sehari-hari sebagian besar masyarakat, namun jika kita tidak mengerti cara menjalankannya dengan baik maka usaha ini bisa tidak berkembang.

Kesalahan biasanya dilakukan oleh para penjual yang menganggap remeh beberapa hal yang sebetulnya merupakan faktor penting yang mempengaruhi usaha Anda.

Nah setelah mengetahui cara memulainya, kini saatnya kita mengetahui bagaimana trik dan tips yang perlu dilakukan supaya bisnis pulsa Anda menjadi sukses dan tidak jalan di tempat atau bahkan terhenti.


1. Buat Jualan Anda Diketahui Banyak Orang

Tidak ada yang akan membeli jualan Anda jika tidak ada yang mengetahui bahwa Anda berjualan kan? Maka dari itu, selain mempersiapkan keperluan usaha Anda, Anda juga perlu untuk mempromosikan usaha Anda. Promosi bisa Anda lakukan dengan menyebar pesan ke grup yang Anda ikuti di media sosial, misal grup FB, grup WA, dsb.

Promosi juga sebenarnya tidak melulu tentang menyebar pengumuman, jika Anda sudah mendapatkan 1-2 konsumen, Anda juga bisa memberikan pelayanan yang prima ke pelanggan Anda, dengan pelayanan prima, maka kemungkinan konsumen Anda tadi tersebut akan merekomendasikan bisnis pulsa Anda ke orang-orang di sekitarnya, secara tak langsung promosi Anda juga ikut terbantu.


2. Memilih Server yang Baik dan Terpercaya

Server adalah komponen penting dalam bisnis pulsa elektrik, maka perlu Anda pilih dengan bijak. Server yang Anda pilih akan mempengaruhi pelayanan kepada pelanggan pulsa Anda.

Server yang memilki respon cepat/fast response, tidak sering mengalami down atau gagal, serta memiliki pelayanan yang baik dan cepat dalam menangai keluhan, dapat Anda jadikan pilihan.

img bank teller hufpost
img: Bank Teller | www.huffingtonpost.com   


3. Berikan Layanan yang Prima

Seperti bisnis jasa lainnya, meski produk usaha pulsa ini adalah pulsa, tapi bisnis ini tak luput dari jasa. Dalam jasa atau service, layanan perlu menjadi salah satu keutamaan Anda.

Mungkin akan cukup sulit jika kita bersaing harga, namun, bersaing masalah pelayanan mungkin bisa dilakukan. Jika pelayanan Anda ramah, cepat, dan sigap, maka kemungkinan pelanggan Anda merasa puas akan layanan pulsa Anda semakin tinggi. Sehingga kemungkinan pelanggan Anda untuk kembali membeli pulsa di toko Anda menjadi semakin besar.


4. Mengenai Bon dan Besaran Keuntungan

Untuk besaran keuntungan di tiap transaksi itu tergantung kebijakan Anda, sesuaikan dengan daya beli di lingkungan Anda, dari harga pesaing, dan sebagainya. Dan untuk urusan bon, atau bayar belakangan/hutang, silakan Anda tentukan juga, tapi jika hendak memberikan bon, akan lebih tepat jika Anda mencatat transaksinya, sehingga Anda tahu ketika pelanggan yang mengajukan bon sebelumnya datang ke Anda, maka Anda bisa menagihnya.

Bagi Anda yang berminat mencoba memulai usaha berjualan pulsa elektrik/online untuk pulsa All Operator, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak ketiga salah satunya Kudo. Caranya dengan menjadikan Kudo sebagai server pulsa Anda. Menurut klaim Kudo, mereka tidak mematok saldo minimum untuk pengisian stok. Misalnya Anda hanya memilki uang Rp 10.000, Anda sudah bisa mulai berjualan saldo sejumlah tersebut.

Nah, demikian ulasan kami mengenai cara jualan pulsa mulai dari tipe transaksi, jenis agen, sampai tips dan trik yang dapat Anda lakukan agar usaha Anda berhasil dan berkembang. Setelah melakukan berbagai tips di atas, kemungkinan tingkat kegagalan bisnis pulsa Anda akan semakin rendah. Namun bukan berarti kemungkinannya menjadi nol, ada banyak faktor lain yang dapat mengganggu usaha Anda. 


Baiklah, semoga beruntung!

 

Sumber: kudo.co.id

img: www.bradfordwaughdesign.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com