Panduan Cara Bisnis Online dari Langkah-langkah hingga Model Bisnisnya

Apa itu bisnis online dan bagaimana cara memulai bisnis online ini? Sebagai orang yang masih baru dalam dunia digital mungkin sering mendengar istilah “bisnis online” namun belum punya gambaran yang jelas mengengai cara kerja maupun dasar dari bisnis online itu sendiri. Dalam artikel kali ini akan Admin bagikan apa itu bisnis online dan bagaimana cara menjalankan bisnis online hingga memilih model bisnisnya.

A. Memahami Prinsip Bisnis Online

Pada dasarnya bisnis online sama halnya dengan bisnis offline atau bisnis konvensional yang biasa orang-orang semasa belum ada internet jalankan. Prinsipnya sama, menyediakan produk/jasa, kemudian membuat supaya orang lain datang untuk membeli produk kita.

Bedanya?

Beda antara bisnsi online dan offline terletak hanya pada “perantara”-nya saja. Jika bisnis online menggunakan internet maka bisnis offline tidak menggunakannya. Contohnya: Pedagang di pasar menjual pakaian (bisnis offline), pedangang menjual pakaian via media sosial seperti FB/IG atau melalui Ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak (disebut bisnis online).

Kalau di offline kita membuka toko, restoran, warung, dan sejenisnya. Sedang untuk menjalankan bisnis online, kita bisa membuat website, toko-online, atau akun ecommerce.

Jadi jangan anggap keduanya sama sekali berbeda, karena pada dasarnya keduanya sama hanya perantara penjualannya saja yang berbeda.
Sekarang sudah tahu kan bedanya?

ilustrasi persiapan membangun bisnis online
ilustrasi: engineering.careers360.com

 

B. Persiapan Membangun Bisnis Online

Bagi para pemula, membangun suatu bisnis online mungkin akan terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana harus memulainya. Sebelumnya, Anda telah mengetahui apa itu bisnis online, sekarang sebaiknya Anda tentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan Anda jalankan. Ini penting karena model bisnis online itu sebenarnya sangat banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Selain itu, jika kita serius ingin membangun sebuah bisnis online maka kita juga perlu belajar membangun sikap mental yang positif. Beberapa sikap mental tersebut di antaranya:

- Mau belajar dengan serius
- Mau bekerja keras
- Pantang menyerah
- Punya mimpi yang besar dan terukur

 

ilustrasi buka akun rekening bank
ilustrasi: www.freepik.com


Buka Rekening Bank

Akun rekening bank sangatlah penting untuk dimiliki seorang pebisnis online, sebab dalam bisnis online tidak selalu bertatap muka dalam transaksi, maka pembayaran pun dilakukan tidak secara langsung tatap muka. Nah di situ lah peran pentingnya punya rekening bank dalam menjalankan bisnis online ini. 

Membuka rekening bank cukup sederhana, Anda tinggal mendatangi bank terdekat atau bank yang Anda kehendaki. Bawalah data diri (KTP), biasanya Anda diminta untuk mengisi formulir data diri di sana, kemudian biasanya ada setoran awal jumlahnya pun beragam, sesuaikan dengan uang yang Anda punya. Beberapa bank ada yang membuka dengan setoran awal Rp 100 ribu-an atau bahkan Rp 50 ribuan.

Nantinya setelah rekening Anda jadi, Anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi membayar atau membeli secara online.

Setelah Anda memahami dasar dari bisnis online dan mempersiapkan mental, sekarang saatnya memilih dan menentukan macam bisnis online yang hendak Anda kerjakan.

 

ilustrasi cara bisnis onlineilustrasi: iitpt.com

 

C. Cara Memulai Bisnis Online

Tentukan Model Bisnis Online

Nah sekarang kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan dan bisa untuk jangka panjang.

Jalankan salah satu atau lebih dari berbagai macam bisnis online di bawah ini.


1. Menjual Produk Reseller/Dropshipper/Agen

Seperti usaha jualan barang secara offline, bedanya Anda menjual barang secara online. Jika Anda mempunyai produk untuk dijual, Anda bisa memanfaatkan media sosial Anda misalnya untuk menjual produk yang Anda punya. Anda juga bisa memanfaatkan Ecommerce seperti Bukalapak, Tokopedia, dsb.


Cara Mengirimkan Produk/Barang

Soal pengiriman? Banyak penyedia layanan kirim barang seperti JNE, JNT, Pos, Gojek, Grab, dan sebagainya, pilih yang ada di kota/daerah Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengemasan barang dagangan Anda supaya aman, seperti mengemasnya dalam kardus tertutup, balut dengan pita perekat/lakban supaya lebih rapat, bila produk Anda rawan pecah, boleh menggunakan Bubble Wrap.

Jangan lupa sebelumnya Anda tentukan dulu harga/ongkos kirim dulu untuk ditambahkan ke harga produk Anda. Untuk cek ongkos kirim/ongkir bisa ke sini: ongkoskirim.id atau pluginongkoskirim.com atau langsung cek ongkos kirim ke website resmi penyedia jasa kirim.


Memilih Bisnis Reseller/Dropshipper

Jika Anda tidak mau repot atau tidak punya suatu untuk dipasarkan, Anda bisa mencari produk lain untuk Anda jualkan. Beda Reseller dan Dropshipper yaitu, Reseller menjual kembali barang yang Anda beli, pada dasarnya reseller seperti pedangan yang membeli barang dari produsen untuk didagangkan kembali.

Sedang Dropshipper yaitu menjualkan barang tanpa menyetok dulu, jadi Anda sebagai dropshipper akan memesan barang ke produsen, kemudian Anda jual barang tersebut ke pelanggan Anda, setelah laku barang dari produsen tersebut akan langsung dikirimkan ke pelanggan, tanpa perlu Anda stok. Metode dropshipper cocok bagi Anda yang tak ingin repot dan keluar biaya terutama untuk pengemasan barang, Anda hanya perlu fokus menjualkannya saja.

Ada banyak produk yang membuka peluang kerjasama Reseller/Dropshipper misalnya:

Kakakoa
Fresh Powder Drink
Cafeos

 

Membangun Toko Online

Anda bisa memanfaatkan ecommerce market seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk membuka toko online Anda. Yang perlu Anda siapkan hanya membuat akun di website resmi mereka, daftarnya pun simple, hampir seperti daftar akun di media sosial.

Jika Anda punya kemampuan lebih atau lebih serius mendalami usaha online, Anda bisa membuat toko online sendiri. Salah satu cara membuat toko online/online shop yaitu dengan platform WordPress.

Banyak yang menyediakan turorial cara membuat website ecommerce dengan Wordpress. Jika Anda serius dan berniat untuk membuka toko online silakan pelajari caranya. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mempelajari cara membuat toko online, Anda bisa menyewa jasa pembuatan website.

 

Prosedur Affiliate Marketing Onlinegambar prosedur Affiliate Marketing via moreniche.com

 

2. Menjadi Affiliate Marketer

Bisnis online kadang tidak melulu berjualan, cara lain untuk menjalankan bisnis online yaitu salah satunya dengan menjadi Affiliate Marketer.

Sama seperti tipe bisnis online sebelumnya, Affiliate Marketing pada dasarnya bisa dibilang model bisnis yang dari dulu sudah ada, cuma namanya saja yang tampak canggih, tapi pada dasarnya bisnis seperti ini sudah ada sejak dulu yaitu sebagai bisnis perantara atau sering dikelan makelar.

Yang membedakan affiliate marketing yaitu cara kerjanya yang mana menggunakan internet/online.

Bisni Affiliate Marketing sangat cocok terutama bagi Anda yang punya website/blog. Anda bisa menggunakan blog yang Anda punya untuk menjualkan produk orang lain, nanti Anda akan mendapat komisi/upah jika produk tersebut berhasil dijual.

Jika Anda tidak punya blog, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial yang Anda punya untuk menjualkan produk orang lain. Meskipun tidak semua produsen menyediakan program affiliate marketing bagi pemilik media sosial. Karena kebanyakan program tersebut ditujukan untuk Blogger.

Ada banyak brand membuka program Affiliate Marketing beberapa di antaranya, Lazada, Bhineka, Bukalapak, Orami, Blibli, dan lain sebagainya. Jika berminat, silakan langsung ke website yang bersangkutan.

 

3. Membuka Jasa Tulis Artikel

Bisnis online juga bisa berupa jualan jasa loh, jasa menulis. Profesi yang satu ini cukup dibutuhkan saat ini terutama oleh pemilik website yang membutuhkan penulis konten untuk situs mereka. Konten artikel bisa beragam, mulai dari diskripsi produk, review, artikel pemasaran, artikel promosi, dan sebagainya. Anda bisa membuka jasa tulis artikel misal dengan bergabung di www.sribulancer.com misalnya.

Walaupun bisnis yang satu ini terkesan sulit, namun tak sedikit yang sukses menjalankan profesi sebagai penulis artikel ini. Jadi, buat Anda yang punya minat besar dalam menulis, bisa manfaatkan minat dan keahlian menulis tersebut menjadi ladang penghasilan Anda.

 

4. Menjadi Content Publisher

Saat ini media internet sudah sangat luas, pekerjaan-pekerjaan yang beberapa tahun yang lalu belum ada atau masih dipandang sebelah mata, saat ini begitu booming. Beberapa di antaranya seperti Blogger, YouTuber, Instagramer, Gamer, dll.

Nah, bagi Anda yang punya suatu keahlian atau suatu yang menarik untuk dibagikan bisa berpartisipasi di dalamnya. Misalnya jika Anda hobi makan/jajan/masak, bisa membuat tutorial atau review mengenai hal tersebut untuk dibagikan ke Blog atau ke YouTube.

Nantinya jika Anda telah memiliki viewer yang banyak, Anda bisa memasang iklan di sana dan Anda pun bisa mendapat penghasilan dari iklan tersebut.

 

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online, cara menjalankan bisnis online, dan memilih bisnis online yang menguntungkan. Silakan tentukan jenis bisnis online yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, dan lakukan dengan serius.

 

 

header image: www.pexels.com 

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com