Bisnis Waralaba Sebagai Peluang Usaha Sampingan

Waralaba Kan - Tak sedikit orang yang mencari Peluang Usaha Sampingan di mesin pencari seperti Google atau pun di media sosial seperti Facebook, dan sebagainya. Tak sedikit yang mengatakan usaha sampingan bisa menambah pendapatan mereka selain pekerjaan utama sehingga, namun beberapa mengatakan bisnis sampingan malah membuat mereka keteteran karena sulitnya membagi waktu.

Lantas usaha sampingan yang seperti apa yang tetap bisa dijalankan tapi tetap tidak meninggalkan pekerjaan utamanya?

Yuk kita bahas,

Bisnis dengan sistem waralaba/franchise menjadi solusi bagi Anda yang ingin menjalankan usaha sampingan sekaligus tetap menjalankan usaha/pekerjaan utama Anda.

 

Apa sih bisnis Franchise atau Waralaba itu?

 

Bisnis Franchise pada dasarnya adalah sistem kemitraan, yang sebetulnya dalam pengoperasionalnya sama saja seperti bisnis pada umumnya, seperti menjual barang atau jasa.

Keunggulan dari konsep kemitraan dalam bisnis Franchise ini adalah, bisnis yang dijalankan adalah bisnis yang telah berjalan atau telah ada sebelumnya. Di sini pengusaha yang menjadi mitra bertindak sebagai franchisee, dan pemilik usaha sebagai franchisor.

 

Terus apa sih manfaat dan keunggulan bisnis franchise?

 

Usaha franchise/waralaba hingga kini masih menjadi primadona model bisnis bagi banyak pengusaha. Terbukti dengan banyaknya brand franchise yang tumbuh dan berganti di tiap tahunnya, dan juga peminat bisnis ini yang berasal dari berbagai daerah dan berbagai kemampuan finansial.

Berbagai brand franchise kian tumbuh dan berganti, ada brand minuman yang menjajakan minuman coklat, mangga, teh. Ada brand yang mengusung makanan yang menyediakan produk olahan daging, susu, atau mengusung makanan luar negeri dan makanan lokal. Bahkan ada juga franchise yang bergerak di bidang penyediaan jasa seperti jasa bersih-bersih, cuci kendaraan, travel, dsb.

Pernah menemui merk seperti McD, KFC, Starbucks, atau Indomaret, Alfamart dan semacamnya? Nah! Itu adalah beberapa brand yang memiliki konsep waralaba/franchise.

 

“Kira-kira apa sih yang membuat model bisnis seperti ini begitu digandrungi? Kenapa begitu banyak orang yang menyukai konsep bisnis ini?”

 

Mungkin Anda pernah memikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu ketika membaca artikel atau iklan seputar waralaba.

Ada yang mengatakan bahwa, "sesuatu yang menarik kadang memiliki suatu kelebihan". Nah apa kelebihan dari bisnis berkonsep waralaba ini?

Nah, berikut Waralabakan akan memberikan sedikit ulasan tentang kelebihan peluang usaha sampingan berkonsep franchise yang mungkin tidak dimiliki jika membuka usaha sendiri.

 

1. Modal yang Lebih Kecil.

Siapa yang bilang membuka bisnis waralaba membutuhkan modal yang besar? Memang besar kecilnya modal itu relatif di tiap orang. Tapi jika yang dimaksud modal besar itu modal yang hingga ratusan juta, maka Saat ini tak sedikit brand waralaba yang menawarkan peluang kemitraannya dengan modal yang relatif terjangkau, sehingga golongan menengah bawah pun bisa memulai bisnis waralaba.

Modal awal untuk membuka waralaba saat ini kian beragam ada waralaba yang di bawah 5 juta-an, dan bahkan ada yang 1 jutaan. Sehingga bisnis ini sekarang telah bisa dijalankan oleh banyak orang, maka tak heran saat ini peminat bisnis ini pun kian tumbuh di Indonesia.

Selain itu, dengan usaha waralaba, Anda tidak lagi mengeluarkan banyak uang, tenaga dan waktu untuk melakukan segala persiapan. Seorang franchisee bisa langsung membuka bisnisnya saat setelah administrasi dipenuhi, dan biaya-biaya tersebut bisa dialokasikan untuk hal lainnya, sehingga bisa dibilang secara modal bisnis ini lebih efisien. 

 

2. Lebih mudah/Simpel.

Jika mulai start-up/membangun usaha sendiri, Anda perlu melakukan segala persiapan terkait bisnis dan operasioalnya, seperti mempersiapkan bahan baku, atau pun membangun toko, membuat stand/tempat usaha dan lain sebagainya, maka dengan bisnis franchise, semua keperluan tersebut sudah ada yang menangani.

Sebuah brand franchise memiliki manajemen pusat franchise. Yang mana manajemen tersebut akan menangani segala persiapan bisnis franchise dan juga pelayanan mitra lainnya. Jadi Anda hanya perlu menandatangi kontrak dan pembayaran untuk membeli hak merk franchise saja.

 

img cover buku panduan sop franchise cropped

 

3. Panduan, Training, Pelayanan Konsumen/Mitra.

Penyedia bisnis franchise pada umumnya memiliki fasilitas-fasilitas menarik yang diberikan pada anggota/mitra bisnisnya.

Beberapa di antaranya seperti Panduan bisnis, Pelatihan, maupun Layanan Konsultasi seputar bisnis. Fasilitas yang tentunya tidak didapat jika melakukan start-up usaha sendiri. Fasilitas seperti ini cocok bagi pengusaha pemula.

 

4. Brand yang Telah Ada dan Dikenal.

Dengan menjual produk dengan brand/merk yang telah lebih dulu dikenal masyarakat luas, maka dari segi pemasaran akan lebih meringankan Anda, sebab Anda tidak perlu lagi melakukan promosi yang massive/besar-besaran.

Di samping itu, dengan dikenal luasnya brand suatu produk bisa dibilang kualitas dan kredibilitas brand tersebut sudah jelas di mata masyarakat.

 

Dengan segala keuntungan dan kelebihannya, maka bisa disimpulkan bahwa peluang usaha sampingan dengan model bisnis franchise ini bisa dijadikan pilihan bisnis bagi Anda, terutama bagi pebisnis pemula.

Silakan lihat Daftar Franchise di Waralabakan.com dan pilih yang sesuai dengan kriteria Anda

 

Semoga bermanfaat.

 

img src: entrepreneurssource.com.

 

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com