Apa Itu Perusahaan Startup? Dan Bagaimana Perkembangnya di Indonesia?

Tahukah Anda apa itu bisnis Startup? Saat ini banyak terdengar dalam media tentang bisnis startup, tapi mungkin tak semua dari kita tahu tentang bisnis strartup ini. Kata startup sendiri merupakan serapan dari bahasa inggris start-up yang menunjukan "sesuatu yang tengah dirintis". Jadi, bisnis startup bisa juga dibilang sebagai bisnis yang tengah dirintis.

 

Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar adalah perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa bubble/gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan berbasis internet didirikan secara bersamaan.

Bisnis startup saat ini lebih identik bisnis yang berbau internet, teknologi, web, atau yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun saat ini.

Dari berbagai sumber kami merangkum beberapa karakteristik perusahaan startup. Silahkan simak beberapa ciri perusahaaan startup berikut ini:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
       
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
       
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun   
       
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
       
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi atau jasa dalam bentuk digital
       
  • Biasanya beroperasi secara online

  • Masih dalam tahap pengembangan


Kebanyakan beberapa karakteristik bisnis startup ini dan pelakunya lebih condong bergerak dibidang teknologi, website dan hal yang identik dengan internet.

img apa itu startup
img: istockphoto.com

Bagaimana Perkembangan Bisnis Startup Di Indonesia

Di luar negeri misal di Amerika atau China, perusahaan startup telah tak sedikit yang menjelma menjadi perusahaan raksasa. Di Indonesia sendiri perkembangan bisnis/perusahaan startup cukup bagus dan cukup pesat. Setiap tahun banyak founder (instilah untuk pemilik) perusahaan startup baru yang bermunculan di indonesia. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup. Beberapa perusahaan startup Indonesia perlahan menjadi perusahaan besar, misal Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, dan lain-lain.

Anda punya ide untuk membangun bisnis dan membuat perusahaan startup Anda sendiri?

Lanjutkan: Baca Bagaimana Cara Mendirikan Bisnis Waralaba Sendiri

 

 

referensi: id.techinasia.com
header image: www.istockphoto.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com