Pembatasan Gerai Waralaba akan Dihilangkan

Revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang waralaba/franchise akan menghilangkan pembatasan gerai.

"Di dalam revisi tidak lagi ada pembatasan untuk mendukung kecepatan investasi," ujar Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemdag) I Gusti Ketut Astawa.

Sebelumnya terdapat wacana pembatasan gerai pada usaha franchise/waralaba. Bila melebihi jumlah gerai maksimal, maka gerai tersebut harus diwaralabakan dengan jumlah investasi minimal.

Pada Permendag No. 68/2012 mengatur mengenai waralaba untuk jenis usaha toko modern maksimal gerai sebanyak 150. Bila melebihi jumlah tersebut maka toko modern tersebut harus melakukan waralaba minimal 40%.

Selain itu aturan batas juga berlaku bagi jenis usaha makanan dan minuman. Yaitu berdasarkan Permendag No 7/2013 tentang Pengembangan Kemitraan dalam Waralaba untuk Jenis Usaha Jasa Makanan dan Minuman maksimal gerai sebanyak 250.

Jenis usaha makanan dan minuman dengan investasi di bawah atau setara Rp 10 miliar jika melebihi batas maksimum maka harus mewaralabakan usahanya minimal 40%. Sedangkan usaha berjenis makanan dan minuman dengan investasi di atas Rp 10 miliar harus mewaralabakan minimal 30%.

Rencana tersebut pun disambut baik oleh industri ritel. Pembatasan sebelumnya membuat sulit perusahaan untuk mengembangkan industrinya.
"Ada perusahaan yang tidak memiliki hak mewaralaba," terang Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Solihin.

Selain itu industri ritel juga kerap kesulitan jika masuk di daerah baru bila telah mencapai batas maksimal. Ritel kesulitan untuk mencari mitra untuk waralaba (franchisee) di daerah baru tersebut.

Oleh karena itu, Solihin menilai Permendag No 68/2012 tidak berjalan dengan efektif. Ia mengatkan aturan pembatasan gerai tersebut lebih baik dihilangkan.

"Selama perubahan itu bisa mendorong peningkatan investasi pasti didukung," jelas Solihin.

 

Sumber: https://industri.kontan.co.id

Header Image: www.theasianshopper.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Social Media Waralabakan

 

facebook icon    instagram icon    twitter icon

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar Waralabakan.com