Bisnis Cemilan Makanan dan Bagaimana Kunci Suksesnya.

Waralabakan - Bisnis camilan makanan tergolong usaha rumahan yang cukup mudah dijalankan karena waktu kerja yang fleksibel, tidak memerlukan keahlian khusus, modal yang dikeluarkan juga tidak begitu banyak.

Dari beberapa kelebihan dan kemudahan yang telah disebutkan, maka usaha cemilan ini bisa jadi sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu serta tenaga namun tetap ingin menambah penghasilan dari rumah.
Analisis Bisnis Camilan Makanan dan Kunci Suksesnya

1. Target Konsumen Bisnis Cemilan Makanan

Kebanyakan orang suka ngemil, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Oleh karena itu, sasaran pasar untuk usaha cemilan cukup luas dan dapat menjangkau berbagai kalangan.
Untuk memenuhi permintaan pasar yang mungkin cukup besar, Anda bisa memanfaatkan keberadaan warung yang ada disekitar, minimarket, dan supermarket untuk dijadikan target pasar dengan menitipkan produk usaha cemilan Anda.

 

2. SetUp Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan ketika Anda ingin memulai usaha menjadi supplier makanan ringan. Berikut di antaranya:

  1. Lakukan survey. Pilih cemilan yang banyak diminati oleh masyarakat serta komponen penunjang yang mampu menunjang bisnis Anda untuk mencapai profit yang maksimal.
  2. Carilah produsen makanan ringan yang mampu menghasilkan produk berkualitas dan dengan harga terjangkau, sehingga nantinya Anda dapat menjual kembali produk tersebut dengan harga yang bersaing di pasaran. Kualitas produk mencakup rasa, kebersihan dan tampilan.
  3. Jalin kerjasama. Berikan penjelasan mengenai kerjasama dan niat Anda untuk menjadi distributor cemilan yang mereka produksi. Tanyakan apakah ada harga khusus untuk anda, jika membeli dalam jumlah banyak, karena itu akan mempengaruhi besaran keuntungan penjualan yang akan Anda ambil kelak.
  4. Jika kesepakatan kerjasama dengan produsen telah tercapai, siapkan peralatan dan perlengkapan penunjang lain yang diperlukan untuk “re-branding” produk Anda. Beberapa alat yang biasanya diperlukan pada tahap ini adalah mesin pengemas (sealer). Kemudian buat kemasan semenarik mungkin dengan variasi ukuran serta pencantuman merk dan nomor registrasi BPOM, printing kemasan dapat dilakukan melalui jasa cetak kemasan.
  5. Pemasaran. Setelah melakukan survey dan langkah di atas, pasarkan produk Anda di beberapa tempat seperti warung, kantin dan minimarket yang cukup ramai pengunjung, titipkan usaha Anda di sana.

Setelah mengetahui langkah-langkah memulai usaha cemilan, tentu Anda sudah bisa membayangkan dan mudah dalam merencanakan apa yang hendak dilakukan bukan?


3 Kelebihan Dan Tantangan Bisnis Camilan Makanan

Kelebihan Usaha Rumahan Bisnis Cemilan

Jika Anda mampu memasarkannya dan jeli memilih produk cemilan yang berkualitas dan banyak diminati, maka tidak menutup kemungkinan usaha ini akan mendatangkan keuntungan besar bagi Anda.

Tingginya minat masyarakat terhadap kebutuhan produk makanan ringan/cemilan membuat usaha ini memiliki peluang pasar yang cukup luas. Tingkat kerugian akan penjualan produk cemilan relatif kecil, jika makanan ringan tersebut tipe makanan kering/fermentasi, yang mana bisa bertahan cukup lama.

Tantangan Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Bisnis cemilan/makanan ringan biasanya terikat dengan musim, misal misim hari raya atau perayaan. Sedang penggiat bisnis ini tak sedikit jumlahnya, sehingga inovasi dan keunikan produk makanan ringan yang dijual mempunyai nilai penting dalam usaha ini.

 

4. Cara Pemasaran Bisnis Camilan Makanan

Kebanyakan pemasaran produk cemilan yang paling banyak dilakukan adalah dengan sistem konsinyasi atau titip jual, namun bisa juga dengan jual putus di beberapa tempat yang ramai pengunjung, atau jika mempunyai modal lebih, bisa membuka sendiri toko khusus untuk produk cemilan. 

Untuk memperluas pasar serta memenuhi kebutuhan konsumen, Anda bisa menawarkan produk cemilan dengan berbagai ukuran, berbagai tingkatan harga, juga tidak ada salahnya untuk membuat berbagai merk per tiap segmennya. 

Strategi promosi lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan penawaran harga khusus jika pembelian dalam jumlah banyak. Diskon atau promo merchandise tertentu ketika konsumen membeli produk Anda dalam jumlah banyak. 
Perluas lingkup pemasaran produk Anda dengan menggunakan berbagai media online yang banyak tersedia saat ini

 

5. Kunci Sukses Menjalankan Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Untuk usaha camilan makanan di mana produk yang dijual adalah berupa makanan maka hal terpenting agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan sukses yaitu dengan memperhatikan segi kualitas dan rasa. 

Untuk dapat mengetahui apakah rasa produk cemilan yang Anda jual nikmat dan bisa laris di pasaran, Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu dengan mencicipinya dan membagikan produk tersebut ke beberapa orang dan tanyakan respon mereka terhadap rasa cemilan tersebut. Jika banyak yang menyukai, maka kemungkinan produk akan laku di pasaran.

Selain rasa, kemasan yang menarik juga turut menjadi faktor suksesnya usaha cemilan. Selain dapat menarik perhatian orang lain, kemasan yang bagus juga menampilkan sisi higienis produk yang Anda jual. 
Untuk menghindari kerugian, usahakan jeli dalam memilih tempat menjual produk. Pilihlah mitra jual yang ramai pengunjung. 

Demikianlah ulasan mengenai peluang usaha rumahan bisnis camilan makanan yang dapat kami bagikan. Terimakasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat.

 

 

www.ilawati-apt.com 

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com