21 Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil - Besar

Beberapa orang mungkin tengah mencari peluang usaha rumahan yang bisa dibuka mulai dari modal kecil hingga modal yang relatif besar. Bagi sebagian orang, mempunyai usaha sendiri di rumah menjadi impian, usaha rumahan selain dapat membantu menopang ekonomi keluarga juga bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka, apalagi jika bisnis tersebut sesuai dengan hobi yang Anda milliki.

Apa saja Peluang Usaha yang bisa di Kerjakan dari Rumah?

Menjalankan bisnis rumahan tidak harus dengan modal besar, dengan modal yang relatif terjangkau pun mungkin bisa. Dan juga, bisnis rumahan tidak harus Anda sendiri yang mengerjakan, terlebih jika Anda memiliki pekerjaan utama di luar sana. Nah berikut kami berikan ide peluang usaha rumahan yang mungkin dapat membantu Anda menemukan inspirasi.

 

Usaha Makanan dan Minuman

Usaha makanan dan minuman mungkin termasuk usaha yang cukup ketat persaingan, akn tetapi jenis usaha ini juga memiliki pasar yang luas. Berikut beberapa contoh usaha makanan dan minuman yang dapat dijalankan dari rumah:

 

img bisnis menjual minuman segar

(menjual minuman menyegarkan | img: dreamstime.com)

 

1. Menjual Minuman

Tak jarang orang yang tengah keluar rumah membutuhkan minuman, nah Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menyediakan minuman yang menyegarkan untuk mereka. Terlebih jika lokasi rumah Anda strategis misal di dekat jalan, sekolahan, kantor, atau di tengah pemukiman.

Anda bisa menjual berbagai minuman menyegarkan untuk berbagai kalangan dan usia. Atau Anda bisa memilih untuk membuka usaha waralaba/franchise yang menyediakan produk minuman. Terdapat beberapa produk franchise minuman, dengan menjalin kerjasama ini, Anda bisa menjual minuman yang lebih menarik.

Baca juga:

Waralaba Minuman Coklat Mucho

Franchise Minuman My Choco

 

2. Membuat Kue, Roti atau Jajanan

Pernah punya acara atau pernah tetangga Anda punya acara dan pada waktu itu tetangga Anda mencari kue atau makanan ringan sebagai hidangan acara tersebut? Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka usaha pembuatan jajanan.

Jika Anda belum memiliki kemampuan untuk membuat kue atau jajanan, Anda bisa mencari tutorial memasak yang banyak bertebaran di media sosial seperti Youtube. Ini salah satunya.

 

(tutorial membuat kue | Youtube)

Jika Anda telah mengusai cara membuat kue, maka Anda bisa mulai mengenalkannya ke luar, misal ke tetangga Anda, ke warung makan sekitar Anda, dsb. Setelah dikenal, maka ada kemungkinan Anda akan mendapat order/pesanan mengenai produk kue/jajanan Anda.

 

3. Bisnis Katering Rumahan

Jika sebelumnya kita membahas jajanan dan kue, maka kali ini bagaimana jika Anda menawarkan jasa Katering. Tak jarang, saat ini orang lebih suka hal-hal yang simpel termasuk dalam mengakanan acara. Dalam suatu acara biasanya ada konsumsi untuk tamu, dengan katering pemillik acara akan terbantu dari segi konsumsi pengunjung. Anda bisa menawarkan jasa penyedia katering ini ke pada pemilik acara.

img usaha bisnis katering
(Membuka usaha Katering | img: www.karuniacatering.com)


Dalam memulai bisnis katering rumahan langkah awal yang bisa dilakukan misalnya dengan mengenalkan katering kepada lingkungan sekitar Anda melalui berbagai acara misalnya arisan RT, RW dan lain sebagainya. Anda juga bisa menawarkan katering ke bagian konsumsi yang menangi suatu event organizer di sekitar Anda. Dan bisa juga menawarkan bisnis katering ke perkantoran atau institusi lainnya untuk menu makan siang para karyawan.

Oh iya, Anak presiden Jokowidodo juga punya bisnis katering loh..

Baca juga: Gibran Rakabuming, Bisnis Katering Chili Pari & Martabak Markobar

 

4. Kedai Sarapan Pagi

Jika Anda tinggal di pemukiman, biasanya tak jarang kita dapati anak-anak sekolah atau pekerja perusahaan yang berangkat pagi hari, dan tak jarang mereka meninggalkan sarapan karena belum sempat mempersiapkannya.

Anda bisa membuka usaha kedai sarapan di rumah dengan memanfaatkan halaman depan rumah dengan membuat tempat berjualan makanan. Anda bisa menjual menu sarapan yang banyak disukai masyarakat atau yang mudah dan lebih ringkas saat dikonsumsi, misalnya bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan minuman seperti susu, teh, dan kopi.

Jika Anda memiliki lokasi rumah yang strategis, maka Anda bisa lebih terbantu dari segi akses. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan hal lain misal kebersihan tempat makan dan makanan yang Anda jual, dan juga hal-hal lainnya.

 

5. Jual Gorengan

Salah satu bisnis yang cocok di jalankan di rumah dengan modal kecil adalah jualan gorengan. Makanan yang termasuk jajanan murah ini digemari oleh hampir sebagian besar masyarakat kita. Bisnis gorengan peluangnya masih cukup menjanjikan, apalagi jika rumah Anda lokasinya berada di pinggir jalan raya atau dekat dengan perkantoran, kampus, atau sekolahan. Usaha gorengan mampu memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Bahkan tidak sedikit pengusaha gorengan yang sukses dan meraup untung hingga jutaan rupiah.

Baca juga: Peluang Usaha Makanan Gorengan

 

6. Air Minum Isi Ulang

Jika dulu masyarakat memasak sendiri air minumnya, saat ini tak jarang orang yang telah mengkonsumsi air minum galon. Pergantian budaya minuma ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadi agen air minum isi ulang.
Mungkin sudah banyak depot air minum isi ulang, maka jika Anda bisa memberikan nilai tambah seperti menjaga kebersihan air, melayani antar jemput dan sebagainya.

Baca juga: Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

 

7. Keripik dan Kerupuk

Jika Anda pernah melihat tayangan di televisi tentang usaha keripik atau kerupuk, penggiat usaha ini banyak didominasi oleh ukm dan bisnis rumahan. Anda juga bisa memulai usaha ini.
Untuk memulai usaha kerupuk/keripik rumahan Anda bisa belajar membuat kerupuk dari berbagai media seperti Youtube, bila perlu Anda bisa menciptakan resep keripik/kerupuk baru yang belum ada sebelumnya.
Untuk penjualan, Anda bisa memulainya dengan menitipkannya di toko-toko terdekat.

 

 

Membuka Usaha Rumahan di Bidang Jasa

Ada beberapa usaha di bidang jasa yang dapat dikerjakan di rumah dan bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar bila dijalankan dengan tekun dan serius. Misalnya usaha laundry pakaian, isi ulang pulsa, dll.

img Kiat Menjalankan Waralaba Murah Laundry

8. Usaha Jasa Laundry

Pada masyarakat perkotaan jasa Laundry begitu dibutuhkan. Mereka yang sibuk bekerja seringkali tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri sehingga menggunakan Jasa Laundry.
Usaha Jasa Laundry Pakaian Kiloan semakin marak di perkotaan sekarang ini karena memberikan keuntungan yang menggiurkan. Meskipun usaha ini sudah banyak tetapi tetap saja setiap hari Laundry kebanjiran order terutama di musim penghujan.
Jika lokasi rumah Anda berada di area strategis seperti kampus dan perumahan penduduk maka usaha ini cocok bagi Anda. Modal utama untuk merintis usaha ini hanya sebuah ruangan untuk menerima barang dan meletakan cucian, mesin cuci dan setrika.

Baca juga: Paket Franchise Laundry Kiloan Murah

 

9. Agen Pembayaran Listrik, Telepon, dan Pulsa

Peluang untuk mendapatkan keuntungan dari usaha Agen Pembayaran Listrik dan Telepon cukup besar. Terutama bagi Anda yang tinggal di wilayah pekerja yang biasanya mereka tidak sempat untuk membayar langung tagihan listrik dan telepon, karena mungkin terbentur dengan jam kantor.

Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menjadi agen rekening listrik dan telepon di rumah Anda. Apalagi sekarang ini sitem pembayaran rekening listrik dan telepon lebih mudah karena bisa dilakukan secara online.

Untuk memulai usaha ini, Anda perlu bekerja sama dengan PLN dan Telkom kemudian membuka loket pembayaran secara online di rumah Anda. Peralatan yang perlu Anda siapkan adalah komputer dan printer untuk mencetak struk pembayarannya.

Anda juga bisa menjual pulsa listrik dan pulsa HP. Untuk membuka usaha pengisian pulsa elektrik ini, Anda bisa menstok saldo atau deposit saldo di penyedia jasa isi ulang seperti timipulsa.com.

Baca juga: Cara Jual Pulsa All Operator, Memilih Agen hingga Tips Agar Berhasil

 

10. Usaha Fotokopi

Bila tempat tinggal Anda berada di sekitar kampus atau perkantoran maka usaha fotokopi cocok sebagai bisnis di rumah. Usaha ini cukup menjanjikan mengingat kebutuhan percakan/fotokopi bagi kalangan tersebut cukup tinggi. Agar lebih menarik pelanggan Anda juga bisa menerima jilid dan print. Selain itu Anda juga bisa melengkapi barang perlengkapan ATK seperti pena, buku tulis, map, dsb.

 

img child care
(Child Care | img: www.childteaching.com)

 

11. Jasa Penitipan Anak

Saat ini usaha jasa penitipan anak juga banyak diminati di Indonesia. Terutama untuk masyarakat urban. Orang-orang kota yang sibuk bekerja dan telah memiliki anak biasanya tak jarang mencari seseorang yang tepat untuk mempercayakan anaknya. Dan tak jarang jasa penitipan anak menjadi salah satu pilihan mereka.
Jika ingin memulai usaha ini, Anda tentu harus banyak belajar bagaimana menjaga dan mengasuh anak, dan membuat anak agar gembira, dan nyaman. Anda dituntut untuk mengetahui psikologi perkembangan anak dan juga tipologi kepribadian anak.

Membuka Usaha di Bidang Fashion

Dunia fashion di Indonesia semakin berkembang, membuat usaha di bidang fashion dilirik banyak pelaku usaha. Bisnis mode atau fashion ini juga bisa loh dalam skala rumhan..

 

12. Bisnis Aksesoris

Aksesoris berfungsi untuk menunjang penampilan. Macamnya seperti syal, bros, bando, gelang, penghias rambut, dsb. Bisnis ini cukup bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar. Sebab, harga beli bahan baku aksesoris yang murah setelah jadi dapat dijual dengan harga tinggi.

Jika Anda tidak bisa memproduksi sendiri aksesoris maka Anda bisa memasoknya atau membelinya dari pihak atau produsen langsung dan kemudian menjualnya kembali.

Sebagai langkah awal, cari aksesoris yang sekiranya diminati oleh banyak orang, kemudian Anda bisa mencari pemasok yang tersedia. Pertama, jangan memesan terlalu banyak, jika banyak peminatnya, Anda bisa memesan lebih banyak lagi.
Untuk pemasaran, Anda bisa menjualnya ke tetangga atau kenalan Anda, atau Anda bisa memanfaatkan internet seperti Facebook, Twitter, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

 

13. Bisnis Baju Anak

Hampir setiap 2 atau 3 bulan sekali seorang ibu akan membelikan baju baru untuk anaknya. Anak di sini yaitu terhitung usia 1-6. Bisnis ini cocok untuk ibu-ibu yang ingin mempunyai usaha sampingan di rumah.

Anda bisa menjual pakaian anak seperti baju kepada masyarakat di sekitar tempat Anda tinggal. Anda bisa mencari distributor baju yang menawarkan harga miring dengan kualitas bagus, kemudian mencari baju anak yang modelnya sedang tren misalnya baju dengan gambar spongebob, upin-ipin, dora dan lain sebagainya.

Jika anda familiar dengan media sosial, Anda bisa juga memasarkannya di media sosial seperti Facebook, Twitter atau di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, dsb.

Baca juga: Peluang Usaha Modal Kecil, Bisnis Kaos Polos

 

14. Pelatihan Kecantikan/Make-up

Membuka pelatihan rias/make-up atau membuka salon rias kecil-kecilan dapat dijadikan referensi. Kadang beberapa pihak membutuhkan penataan kecantikan, misal saat acara tertentu. Nah, jika Anda memiliki kemampuan atau hobi dalam bidang ini, manfaatkan saja tata rias ini sebagai usaha sampingan.

Atau saat ini telah ada media sosial yang menghubungkan berbagai orang dari belahan dunia, seperti Youtube. Anda bisa memanfaatkan Youtube untuk menrauk keuntungan dari hobi Anda, dengan cara membuat konten tutorial make-up. Upload saja video tutorial make-up yang Anda buat di Youtube.

image beauty blogger menghasilkan uang dari Youtube

 

img beauty blogger menghasilkan uang dari youtube

(image: beauty blogger | https://www.youtube.com/channel/UCWRV5AVOlKJR1Flvgt310Cw)

Jika konten yang Anda buat memiliki banyak banyak penonton/viewer dan original, Anda bisa memasang iklan di video Youtube Anda, nah iklan itulah yang nantinya akan menjadi sumber pendapatan bisnis ini.
Untuk tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube, cari saja di Google tentang hal ini

 

Menjalankan Bisnis Online di Rumah

Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang tengah populer di Indonesia saat ini. Selain relatif lebih mudah dikerjakan di rumah, bisnis online juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini juga bisa sangat besar. Beberapa bisnis online yang dapat anda jalankan di rumah diantaranya:

 

15. Bisnis PPC Adsense

Salah satu bisnis online yang cukup menjanjikan adalah menjadi publiser. Bisnis PPC Adsense banyak digeluti oleh pebisnis online Indonesia dan juga luar negeri terutama dari kalangan blogger.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki sebuah website/blog dan memiliki traffic pengunjung yang ramai. Anda harus rutin mengupdate artikel blog Anda agar traffiknya tinggi.

Bila Anda memiliki blog yang trafiknya sudah tinggi, maka Anda bisa mendaftar ke penyedia adsense atau iklan website seperti Google Adsense sebagai publiser/penayang iklan. Tidak sedikit publiser yang telah menerima pendapatan dari Adsense seperti ini.

 

img Affiliate Program Amazon

(Program Afiliasi Amazon | img: www.shoutmeloud.com)

16. Bisnis Affiliate

Berbeda dengan adsense yang pendapatan didapatkan dari banyaknya banner iklan yang diklik atau ditayangkan, dengan program Affiliate, pendapatan didapatakan melalui komisi penjualan produk pihak ketiga yang ditayangkan di website atau jejaring sosial Anda.

Secara lebih singkatnya, dengan tipe bisnis affiliate, Anda hanya perlu menjual produk atau jasa orang lain melalui internet menggunakan blog, media sosial, email dan lain sebagainya yang Anda miliki. Jika ada produk yang berhasil dijual maka Anda akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga produk tersebut.

Adapun produk yang bisa dijual bisa berbentuk fisik, digital atau membership, tergantung program afiliasi yang Anda ikuti. Anda bisa mencari bisnis yang menawarkan affiliate jika ingin menjalankan usaha ini. Salah satu contoh bisnis yang membuat program affiliate adalah Amazon affiliate-program.amazon.com Untuk lebih lengkapnya, alangkah baiknya jika Anda pelajari lebih lanjut mengenai bisnis affiliate ini.

 

17. Jasa Penulis Artikel

Tak jarang sebagian pebisnis online menggunakan jasa penulis artikel untuk mengupdate blog atau website mereka. Alasan mereka menggunakan jasa penulis artikel ketimbang menulis sendiri juga beragam, ada yang memang tidak begitu pandai menulis dan ada juga yang tidak sempat menulis artikel untuk mengupdate website mereka.

Nah, ini merupakan peluang bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam menulis artikel. Biasanya, atikel dipatok dengan harga yang bervariasi yang biasanya tergantung banyaknya kata per artikel. Semakin banyak kata dalam satu artikel maka akan semakin mahal harganya. Dan biasanya artikel dengan bahasa inggris memiliki harga yang lebih mahal.

 

18. Bisnis Forex

Trading forex adalah bisnis jual beli mata uang asing. Anda bisa melakukan trading forex tanpa harus sering keluar rumah. Namun sebelum menjalankan bisnis online forex sebaiknya Anda belajar terlebih dahulu tentang cara melakukan trading sehingga Anda memilliki dasar bermain di bisnis ini. Salah satu media belajar forex adalah belajarforex.com Anda bisa memulainya dari sana.

 

img reseller minuman coklat kakakoa

 

19. Dropshipping/Reseller Produk Online

Bisnis Dropship atau Reseller bisa masuk dalam jajaran bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah. Metode bisnis Dropship/Reseller beragam, salah satunya, Anda bisa menjadi reseller tanpa harus memegang barang fisik.

Jadi, tugas Anda hanya menjualkan barang tersebut dengan margin keuntungan yang telah Anda tentukan. Jika mendapat order/pesanan, Anda tinggal mengkontak produsen/suplier produk tersebut dan memintanya untuk mengirim barang tersebut ke konsumen Anda.

Baca juga: Peluang Usaha Dropshipper atau Reseller Minuman Coklat Kakakoa

 

20. Admin Pengelola media sosial

Media sosial saat ini tidak hanya sekadar menjadi media sosialiasi secara online. Namun telah memiliki fungsi kompleks, termasuk menjadi alat untuk branding. Pengelolaan media sosial pun dilakukan dengan professional untuk membuat citra seseorang atau badan menjadi lebih positif sehingga bisa meningkatkan reputasi di bidangnya.

Seringkali tokoh-tokoh ternama ataupun badan atau instansi tertentu tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola media sosialnya karena berbagai hal. Hal itu menuntut mereka untuk meminta seseorang mengelola media sosial mereka tentunya dengan gaji.

Fenomena ini pun sekarang menjadi peluang usaha tersendiri. Sekarang bahkan ada staf-staf khusus yang menangani pengelolaan media sosial.
Anda bisa mengajukan diri Anda kepada pemilik akun media sosial dari kalangan badan/instansi atau bahkan dari perorangan.

 

21. Jasa pengetikan dan penerjemah

Jasa pengetikan dan penerjemah sebetulnya bisa juga dijalankan secara offline, namun tipe usaha kecil-kecilan ini bisa juga dijalankan secara online, karena berkaitan dengan pasar. Bisnis ini meski terasa cukup umum namun masih cukup memiliki pasar yang cukup menjanjikan.

Tak sedikit orang yang juga masih membutuhkan jasa pengetikan dengan berbagai hal, terlebih lagi jasa penerjemah. Teknologi telah berkembang, namun tak sedikit juga yang membutuhkan jasa penerjemah yang biasanya dari kalangan pendidikan maupun bisnis.

Nah sekian dulu yang dapat Admin sampaikan, bagaimana? Sudah mendapatkan inspirasi dari “21 peluang usaha rumahan modal kecil-besar” di atas?

 

 

sumber: peluangusaharumahan.info | kudo.co.id | www.homebusinessconnection.com

Bagikan Artikel Ini

Tentang Kami

WaralabaKan.com adalah media promosi bagi para pengusaha waralaba/franschise di seluruh Indonesia.

 

Terdapat pula artikel seputar peluang usaha, ide bisnis, dan informasi lainnya terkait dunia bisnis dan kegiatan usaha.

 

Download Katalog Penawaran Iklan WaralabaKan

Artikel Terbaru

Peluang Usaha Terbaru

Media Partner

Berlangganan Berita

Berlangganan berita terbaru seputar WaralabaKan.com